f Apa yang membuat furniture dengan bahan baku kayu Jati begitu mahal? - BZF Post | Berbagi Tips, Inspirasi, dan Mengedukasi Untuk Sehari-hari

Apa yang membuat furniture dengan bahan baku kayu Jati begitu mahal?


Apa yang membuat furniture dengan bahan baku kayu Jati begitu mahal?

Kayu jati merupakan Kayu hard wood dengan masa pembibitan sampai panen sangat lama.

Jika merujuk berdasakan kualitas kayu jati Perum Perhutani, untuk mencapai ukuran 30 cm saja membutuhkan waktu hinga 30 tahun. Untuk itulah Kayu jati Perhutani mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. Begitu juga dengan kualitas yang tidak diragukan sebanding dengan harga Kayu jati perhutani yang mahal.

Proses pembibitan dan treatmennya saja sangat teratur dan dijaga kualitasnya. Masa potong pohon Jati ini juga melalui proses merangas batang secara teratur sehingga pohon jati akan mati dan kering dalam posisi masih ditanah. Hal ini untuk membuat kadar air, dan juga luka kayu mengering sehingga kualitas tanpa mata hidup kayu jadi maksimal


Berbeda dengan kayu jati kampung atau pohon jati kebon yang artinya perawatanya sangat liar dan tidak dijaga kualitasnya, pemotongan pohon pun tanda adanya aturan, Sehingga hasil dari kayu jati ini dibawah jauh dari kayu jati perhutani. Dengan kadar air yang sangat tinggi dan luka pada kayu yang tidak tertutup membuat kayu jati kebon akan menganga dan berair sehingga sulit untuk dijadikan bahan mebel yang berkualitas. Dengan kualitas kayu jati yang rendah kayu jati ini dihargai sangat murah jauh dari harga perhutani.


Ada juga kayu jati perhutani yang berasal dari sulawesi atau daerah yang lain, namun habitat kayu Sulawei agak berair sehingga kualitas dan harga dari kayu jati perhutani jawa lebih murah.

Habitat penanaman juga sangan berpengaruh pada kualitasnya. Pohon jati paling bagus di habitat daerah berkapur, panas dan kering hal ini membuat unsur yang terkandung dalam kayu jati menjadi sangan kuat adan zat esensi berasal dari kapur dan panas secara alami merupakan toksin terhadap hama kayu. Biasanya dari daerah Cepu, Blora, Gunung Kidul, Pacitan, Ngawi dll.


Jadi yang membuat harga mebel seperti kursi tamu jati atau Meja makan kayu jati berbeda sesuai dengan kualitas kayu. Komponen kayu nya sendiri mempunyai presentasi 70% dari biaya bahan baku secara keseluruhan Furniture.

Semoga Bermanfaat!

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar