Mengenal Berbagai Masakan Gudeg Yang Ada di yogyakarta

Mengenal Berbagai Masakan Gudeg Yang Ada di Jogyakarta

Makanan khas Jogja yaitu Gudeg, makanan ini wajib kamu coba saat berkujung ke jogja. Makanan gudeg terbuat dari buah nangka muda yang di padukan dengan santan, gudeng akan memiliki rasa yang manis sebagai makanan khasnya ditambah dengan krecek kulit sapi, kamu bisa makan gudeg dengan banyak pilihan menu seperti telur atau daging ayam.

Kamu harus tau kalo gudeng teryata memiliki jenis yang beraneka ragam loh! Ada banyak macam gudeg yang ada di jogyakarta yang harus kamu tau, tidak hanya gudeg yang rasanya manis saja yang seperti pada umumnya, gudeg juga memiliki cita rasa yang beragam. Berbagai macam gudeg yang ada seperti rasa pedas, rasa yang gurih, dan rasa yang unik banget. Biar kamu engga penasaran, berikut Bzf Post terlah merangkum berbagai macam guded dan tempatnya, simak terus ya!

1. Gudeg Kering Dengan Sensasi Yang Lezat

Gudeg Kering Dengan Sensasi Yang Lezat

Gudeg kering ini biasa di sajikan dengan keadaan kering tanpa kuah, seperti namanya gudeng kering ini dimasak berjam-jam hinga mengering kuahnya hingga bumbu meresap, dan ditambahkan kuah aren agar lebih manis rasanya. Selian enak gudeg ini bisa bertahan hingga satu hari tanpa harus dimasukan ke dalam kulkas. Nah, buat kamu yang ingin makan gudeg kering ini bisa datang langsung ke jogyakarta, berikut adalah nama dan tempat nya:

Tempat Makan Gudeg Yu Djum

Tempat makan gudeg favorit di Jogja salah satunya adalah Gudeg Yu Djum. Kamu bisa makan di tempat dan bisa juga dibungkus, uniknya bungkus disini menggunakan besek anyaman bambu dan kendil. Tempat makan Gudeg Yu Djum ini sudah memiliki beberapa cabang juga loh! Seperti di Jl. Adisucipto, Jl. Kaliurang, Wates, serta di Wonosari.

Tempat makan Gudeg Yu Djum Pusat

  • Jl. Kaliurang Km 4.5, Karangasem Mbarek, Yogyakarta. Jam buka mulai dari 05:00 – 19:00 WIB. Sedangkan untuk harganya sendiri mulai dari Rp 11.000 – Rp 45.000.

Tempat Makan Gudeg Yu Narni

Untuk makanan gudeg disini rasanya engga terlalu manis dan sedikit asin, dengan campuran macam-macam bumbu yang khas, gudeg ini mampu bertahan seharian tanpa di masukan ke dalam kulkas. Gudeg Yu Narni ini sekarang memeliki beberapa cabang seperti di Jl. Monjali, Jl. Kaliurang, Jl.Magelang Km 11, dan di Tugu Jogja di sebelah utara.

Alamat tempat makan Gudeg Yu Narni

  • Jl. Kaliurang Km 4.5, Karang Asem CT III / 19, Yogyakarta. ( di sebelah utara gedung pusat UGM  ). Jam buka 05:30 – 19:30 WIB, untuk harga di patok mulai dari Rp 10.000 – Rp 30.000 per porsi.

Tempat Makan Gudeg Mbarek Ibu Hj. Amad

Gudeg Bu Hj. Amad ini buka dari pagi, kamu bisa menjadikan tempat makan ini sebagai tempat sarapan kamu yang enak. Harga yang ditawarkan per porsi juga terjagkau, kamu bisa menikmati hidangan Gudeg dengan sepiring nasi, tempe, dan sambel krecek, enggak cuman itu masih ada lauk-pauk yang tersedia seperti atam, telur, dan aneka gorengan.

Alamat tempat makan Gudeg Mbarek Ibu Hj. Amad

  • Jl. Kaliurang Km 5. Yogyakarta. ( ada di sebelah utara dari gedung pusat UGM ). Jam buka mulai 05:30 – 22:00 WIB. Untuk harga mulai dari Rp 13.000 sampai Rp 43.000 per porsi.

2. Gudeg Basah Berkuah Yang Rasanya Semakin Nikmat

Gudeg Basah Berkuah Yang Rasanya Semakin Nikmat

Jenis gudeg ini paling banyak di temukan di Jogja, karena gudeg basah sudah umum dan paling populer. Gudeg basah ini biasanya di campuri dengan kuar areh ataupun santan, kamu bisa datang kesini untuk sarapan sepeiring gudeg kuah yang nikamt. Berikut beberapa tempat yang menjual gudeg basah yang ada di Jogja:

Tempat Makan Gudeg Sagan

Kalo kamu taunya makan gudeg itu harus pake nasi kalo disini berbeda, gudeg sagan ini kamu bisa menganti nasi dengan bubur. Rasanya akan lebih nikat, rasanya nendang banger deh pas di campur sama kuah gudegnya, gurih, dan lembut di lidah.

Alamat tempat makan Gudeg Sagan

  • Jl. Prof. Herman Yohanes, Caturtunggal, Depok, Sleman. Jam buka mulai 09:00 – 24:00 WIB. Untuk harga per porsi mulai dari Rp 9.000 – Rp 16.000.

Tempat Makan Gudeg Pawon

Kalo kamu lagi cari tempat yang asik di malam hari saat di Jogja, kamu bisa datang ke Rumah Makan Gudeg Pawon, selain tempat nogkrong malam yang asik, kamu juga bisa makan sepiring gudeg yang nikmat. Tempat makan Gudeg Pawon ini memang agak terpencil dan sempit, tapi karena rasa gudeg basahnya yang enak dan legendaris bisa jadi alasan untuk datang keisini.

Alamat tempat makan Gudeg Pawon

  • Jl. Janturan UH / IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta. Jam buka 21:30 – 24:00 WIB. Untuk harga per porsi sendiri mulai dari Rp 11.000 – Rp 24.000.

Tempat Makan Gudeg Permata

Satu lagi nih, tempat dimana kamu bisa menemukan gudeg basah, coba datang ke tempar Gudeg Permata Bu Harjo. Saat kamu makan disini kamu bakal di kasih kuah yang bantyak, kuah ini campuran dari areh atau santan. Terdapat juga lauk-pauk untuk menemani makanan guded seperti telur, tahu, tempe bacem dan daging ayam, selain itu kamu bisa juga nongkrong asik di malam hari disini.

Alamat tempat makan Gudeg Permata Bu Pujo

  • Jl. Gajah Mada, Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta. Jam buka mulai 21:00 – 02:00 WIB. Harga per porsinya mulai dari Rp 12.000 – Rp 25.000.

3. Tempat Makan Gudeg Mercon Dijamin Ketagihan

Tempat Makan Gudeg Mercon Dijamin Ketagihan

Gudeg tak selalu harus manis loh! Disini kamu bisa menemukan makanan gudeg mercon yang pedas, buka kamu yang suka makan pedas bisa datang ke tempat ini. Dengan tambahan cabai rawit yang di haluskan sehingga gudeg ini akan terasa pedas dan nikmat yang bisa bikin kamu ketagihan. Berikut tempat dimana kamu bisa dapetin gudeg mercon.

Tempat Makan Gudeg Mercon Bu Tinah

Kalo kamu suka nongkrong di malam hari terus perut kelaparan, kamu bisa datang ke tempat makan Gudeg Mercon Bu Tinah, di sini kamu bisa nogkrong asik sambil makan. Warung lesehan ini menjual gudeg yang rasanya pedas, serta menjual berbagai lauk seperti ceker goreng tepung, sate ayam, gorengan, dan minuman.

Alamat tempat makan Gudeg Mercon Bu Tinah

  • Jl. Assem Gede, No. 8, Cokrodiningratan, Jetis. Jam buka mulai 21:00 – 01:00 WIB. Sedangkan untuk harganya mulai dari Rp 15.000 – Rp 25.000 per porsi.

Tempat Makan Gudeg Mercon Yu Yam

Saat mala hari kamu terasa lapar dan ingin pergi keluar untuk cari makan? Ada tempat yang pas buat kamu nongkrong asik dan sekalian makan gudeg. Di Gudeg Mercon Yu Yam ini kamu bisa makan seporsi gudeg yang pedas, tak hanya gudeg tempat ini juga menyediakan makanan seperti oseng mercon, usus mercon, kikil mercon, dan masih banyak lainya. Kamu juga bisa membeli bubur disini untuk sarapan di pagi hari.

Alamat tempat makan Gudeg Mercon Yu Yam

  • Jl. Magelang No. 120, Kutu Asem, Sinduadi, Mlati, Sleman. Jam buka 23:00 – 04:00 WIB. Per porsi sendiri mulai dari Rp 13.000 – Rp 25.000.

4. Gudeg Kaleng Yang Bisa Tahan Lama

Gudeg Kaleng Yang Bisa Tahan Lama

Gudeg biasanya di sajikan secara langsung di piring dengan ke adaan hangat, tapi berbeda dengan gudeg satu ini, gudeg yang di kemas menggunakan kaleng dengan design yang modern. Gudeng ini cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh, memang rasanya engga seperti gudeg pada umumnya, tapi yang unik gudeg kaleng ini mampu tahan selama 1 tahun loh! Berikut tempat yang menjual gudeg kaleng.

Tempat Makan Gudeg Bu Tjitro

Di tempat ini kamu bisa menemukan gudeg yang bisa kamu pesan langsung, tapi untuk kamu yang lagi cari gudeg kaleng di Gudeg Bu Tjitro ini menjualnya juga loh! Gudeg kaleng ini berat sekitar 265 gram dan bisa dibagi menjadi 2-3 porsi. Kamu cukup memanaskan gudenganya ke dalam panci, untuk rasanya hampir sama seperti makan di tempat.

Alamat tempat makan Gudeg Bu Tjitro

  • Jl. Janti No. 330, Modalan, Banguntapan, Bantul. Jam buka 08:00 – 22:00 WIB. Sedangkan harga mulai dari Rp 30.000 – Rp 32.000 per kaleng ( 265 gram ).

Tempat Makan Gudeg Bu Lies

Tempat ini terletak di sentral gedung Wijilan, disini kamu bisa mendapatkan gudeg yang bisa dimakan di tempat dan gudeng kaleng. Untuk gudeg kaleng sendiri terdapat lauk seperti telur, tahu, gudeg, dan oseng-oseng mercon serta masih banyak lagi. Kamu bisa membelinya sebagai oleh-oleh.

Alamat tempat makan Gudeg Bu Lies

  • Jl. Wijilan No.5, Penembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Buka jam 05:00 – 22:00 WIB. Harga per kalengnya mulai dari Rp 30.000 – Rp 40.000.

5. Cobain Gudeg Yang Unik ini Yang Pasti Bikin Kamu Penasaran

Cobain Gudeg Yang Unik ini Yang Pasti Bikin Kamu Penasaran

Kalo kamu hanya tau tentang gudeg yang terbuat dari nagka saja, kamu wajib tau nih gudeg degan variasi yang unik tapi engga kalah enaknya sama gudeg nagka. Seperti gudeg manggar, gudeg koyor, gudeg nyemek ini berkuah dan agak lembek, gudeg ceker, gudeg pecel, dan masih ada banyak lainya. Berikut tempat yang bisa kamu datengin untuk coba makanan gudeg yang varian unik ini.

Tempat Makan Gudeg Manggar Bu Jumilan

Gudeg yang satu ini memiliki teksture yang lebih kasar ketimbang dengan gudeg biasa, dan gudeg ini terbuat dari bunga kelapa. Kalo kamu punya riwayat maag makan gudeg ini pasti aman karena enggak mengandung gas, gudeg ini memiliki rasa yang engga terlalu manis. Untuk dapetin Gudeg Manggar Bu Jumilan ini kamu bisa datang ke alamat dibawah ini ya!

Alamat tempat makan Gudeg Manggar Bu Jumilan

  • Jl. Srandakan Km 8, Manggiran, Trimurti, Srandakan, Bantul. Jam buka 05:00 – 14:00 WIB. Sedangkan harga per porsinya mulai dari Rp 8.000 – Rp 20.000.

Tempat Makan Gudeg Ceker Dan Koyor Bu Sum

Kalo kamu dateng ke tempa ini kamu bisa dapetin dua macam gudeg sekaligus, seperti gudeg ceker dan gudeg koyor. Gudeg ceker seperti namanya gudeg ini di tambahi dengan ceker ayam yang nikmat, kalo gudeg koyor itu gudeg yang ditambahi urat daging sapi yang lezat.

Alamat tempat makan Guded Ceker dan Gudeg Koyor Bu Sum

  • Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta. Jam buka 18:00 – 01:00 WIB. Harga per porsinya mulai dari Rp 15.000 – Rp 20.000.

Nah, itulah beberapa varian gudeg yang bisa kamu temukan di Yogyakarta, harga dan menu bervariasi dan ramah di kantong, tinggal pilih saja dimana kamu akan membelinya. Jangan lupa beli gudeg untuk dibawa sebagai oleh-oleh ya!

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar