f Cara Dan Syarat Menyembelih Hewan Untuk Qurban Menurut Islam - BZF Post | Berbagi Tips, Inspirasi, dan Mengedukasi Untuk Sehari-hari

Cara Dan Syarat Menyembelih Hewan Untuk Qurban Menurut Islam

tata cara dan sayarat memotong hewan qurban

Nah, buat kamu yang sedang bertugas sebagai panitia penyelenggara qurban di tahun ini, berikut adalah tata cara dan syarat untuk menyembelih hewan qurban yang sesuai syariat Islam yang bzf post sudah rangkum di bawah ini.

Sebentar lagi perayaan Hari Raya Idul Adha akan datang, apa kamu sudah siap untuk ikut berqurban? Pada Hari Raya Idul Adha ini bagi seluruh umat Muslim yang mampu finansial di wajibkan untuk ikut melaksanakan qurban.

Idul Adha Qurban adalah hari dimana saat ibadah umat muslim membeli hewan ternak seperti sapi, kambing, domba, ataupun unta untuk melakukan penyembelihan terhadap hewan ternak yang di belinya.

Tetapi, untuk melakukan penyebelihan hewan untuk qurban tidak asal-asalan ya! Karena sudah ada tata cara nya sendiri untuk di ikuti yang sudah di ajarkan Islam. Nah, berikut adalah tata cara yang harus kamu ketahui saat hendak menyembelih hewan qurban.

Tata Cara dan Syarat Menyembelih Hewan Qurban

Ritual menyembelih adalah melakukan pemotongan terhadap hewan ternak sampai ruh pada hewan hilang atau mati. Dengan cara memotong bagian nadi di leher atau di kerongkongan dengan menggunakan golok yang harus benar-benar tajam.

Simak bagaimana cara untuk menyembelih hewan qurban secara syariat Islam dan melakukannya dengan benar.

  1. Jika hewan qurban sudah di siapkan dan sudah pada posisinya, ikatlah kakinya kemudian tidurkan hewan qurban dengan tubuh menghadap bagian dari rusuk kiri atau miring ke kiri agar mudah saat penyembelihan.
  2. kalo sudah di ikat kaki dan hewan sudah dalam posisi tidur, posisikan juga saat ingin memotong agar menghadap ke arah kiblat.
  3. Dalam proses menyembelih hewan qurban di wajibkan untuk membaca basmalah terlebih dahulu: “ Bismillah Allahhu Akbar” Artinya: “ Dengan menyebut nama Allah, Allah maha Besar.”
  4. Jika sudah membaca doa segeralah memotong dengan posisi golok ke arah nadi di kerongkongan leher yang ada di bagian kanan dan kiri hingga putus. Pastikan juga untuk memotong nadi dalam sekali potong langsung putus. Maka dari itu pakailah golok yang benar-benar tajam.
  5. Bagi hewan qurban yang memiliki leher yang panjang, untuk memotongnya dengan cara potong di bagian pangkal leher yang bagian atas agar langsung mati.
  6. Jika kesulitan saat memotong qurban hewan liar atau hewan tidak bisa tenang dan akhirnya jatuh ke lubang atau selokan, penjagal hewan bisa melakukan penyembelihan di angota badan hewan mana saja hingga hewan tersebut mati. Selama hewan mati bukan oleh sebab lain.
  7. Pastikan bahwa hewan qurban sudah benar-benar mati jika hendak untuk mengkuliti jika belum mati maka akan mengalami kesakitan saat di kuliti.
  8. Ikan pada bagian belakang kaki hewan agar memudahkan untuk proses berikutnya.
  9. Kemudian Ikatlah pada saluran makanan dan bagian dubur hewan kemudian kuliti pada seluruh bagian.
  10. Selanjutnya keluarkanlah isi pada bagian dalam hewan qurban kemudian potong dan pisahkan sesuai bagian yang bisa di konsumsi dan bagikan.
  11. Dalam keadaan pandemi covid-19 seperti ini agar di harapkan selalu mematuhi protokol kesehatan agar kondisi tubuh tetap terjaga dan keadaan sehat, serta tetap menjaga jarak.

Syarat Memilih Hewan Untuk Berqurban

Memilih hewan untuk berqurban dengan syarat hewan harus di dapatkan dengan cara yang baik dan hewan dalam kondisi yang baik juga. Untuk memilih hewan sebagai qurban sebaiknya memilih hewan yang berisi gemuk, sehat, dan tidak memiliki cacat bagian anggota tubuh seperti pincang. Tak hanya itu, memilih hewan qurban juga harus berdasarkan umur hewan, berikut ini adalah syarat hewan yang hendak akan di gunakan berqurban:

  • Hewan qurban Unta - umur 5 tahun ke atas dapat di potong dan di bagikan ke 10 orang
  • Hewan qurban Sapi - 2 tahun ke atas dapat di potong dan di bagikan ke 7 orang
  • Hewan qurban Domba - 1 tahun ke atas dapat di potong dan di bagikan ke 1 orang
  • Hewan qurban Kambing - 1 tahun ke atas dapat di potong dan di bagikan ke 1 orang

Baca Juga: Jauhi sifat iri dan hasad jika ingin masuk surga

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berqurban

Jika hendak melakukan qurban adakalanya untuk memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  • Pisau atau golok harus dalam keadaan bersih dan yang harus di perhatikan adalah harus tajam. Agar peroses penyembelihan cepat dan hewan langsung mati serta tidak mengalami kesakitan berlebih.
  • Jangan pernah melakukan pemotongan atau berqurban hewan untuk tujuan yang tidak di ridhai oleh Allah seperti untuk persembahan untuk nenek moyang ataupun untuk upacara kemusyrikan lainya.
  • Bagi Penjagal atau penyembelih harus dalam keadaan beragama Islam.

Nah, itu dia cara dan syarat dalam menyembelih hewan qurban menurut Islam.

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar