f Tips Membersihkan Mesin Cuci Agar Terhindar Dari Jamur dan Bau Apek - BZF Post | Berbagi Tips, Inspirasi, dan Mengedukasi Untuk Sehari-hari

Tips Membersihkan Mesin Cuci Agar Terhindar Dari Jamur dan Bau Apek

1 komentar
cara membersihkan dan merawat mesin cuci

Meskipun kamu mempunyai mesin cuci mahal dan bagus tidak akan menjamin bebas bau dan jamur kalo kamu sendiri jarang membersihkannya. Sebagian besar belum paham banget soal gimana cara besihin mesin cuci, yang satu tabung ataupun yang kecil. Kamu harus tau mesin cuci yang sering di pakai akan mengendap residu atau kotoran jadi bikin mesin cepat rusak. Maka dari itu mulai dari sekarang kamu harus rajin bersihkan mesin cuci ya!

Nah, kali ini Bzf Post akan memberikan tips gimana cara bersihin mesin cuci dan pengeringnya, caranya simple kok. Kamu engga usah ribet-ribet bongkar dalemannya, mari disimak yuk!

1. Bilas Ulang Mesin Cuci Agar Terhindar Dari Sisa Detergen

bilas mesin cuci setelah pemakaian dari sisa detergen

Saat mencuci dengan detergen maka akan banyak mengeluarkan busa itu akan menjadi pemicu kerak di tabung mesin cuci. Nah, penggunaan detergen dengan takaran yang tepat itu sangatlah penting. Setelah itu kamu bilas ulang setelah mesin cuci kamu pakai, saran saya gunakan air hangat supaya hasilnya pun maksimal dan efektif. Rutinkan perawatan ini kalo bisa sehabis memakai mesin cuci langsung bersihkan, ini berlaku untuk semua merek mesin cuci ya! Lakukan hanya di tabung mesin cuci aja ya, untuk tabung pengering enggak usah.

2. Pakai Cara Deep Cleansing Untuk Tabung Mesin Cuci Otomatis

Pakai Cara Deep Cleansing Untuk Tabung Mesin Cuci Otomatis

Untuk membersihkan mesin cuci pada tabung mesin cuci otomatis kamu bisa memakai cairan konsentrat, cairan ini dapat membantu menghilangkan residu sehingga terangkat bersih, kamu bisa memakai cara memebersihkannya dengan cara deep cleansing.

Cara membersihkan tabung mesin cuci otomatis yaitu. Campurkan cairan konsentrat dengan air hangat, tapi kalo enggak ada bisa pakai cuka atau baking soda. Setelah itu putar tabung dengan level yang tinggi selama sekitar 10 menit, lalu diamkan selama 3 jam agar kotoran yang ada di dalam tabung hilang, kemudian buang airnya setelah itu cuci manual sampai bersih dan keringkan.

Supaya mesin cuci lebih terlihat bersih, kamu bisa sikat bagian luar mesin cuci agar kotoran berkerak bisa hilang.

3. Besihkan Juga Bagian Laci Detergen Dengan Air Hangat

Besihkan Juga Bagian Laci Detergen Dengan Air Hangat

Jika kamu membersihkan tabung mesin cuci, kamu juga harus membersihkan wadah atau laci detergen. Kalo enggak dibersihkan lama-lama akan menjadi jamur dan berkerak juga loh! Kamu harus tau itu.

Untuk membersihkannya lepas laci detergen dan rendam di dalam air hangat, kalo lacinya engga bisa di lepas di siram aja pakai air hangat lalu di sikat-sikat. Untuk hasil lebih maksimal rendaman tadi di tambah pakai karbol. Sikat sampai benar-benar besih, biasanya menjadi warna putih kalo sudah bersih. Jangan lupa di lap juga biar enggak ada kendala saat di pakai.

Baja Juga: Bagaimana agar magic jar selalu terawat dengan baik?

4. Bersihkan Ventilasi Mesin Cuci Dari Sisa Benang Pakaian Yang Menempel

Bersihkan Ventilasi Mesin Cuci Dari Sisa Benang Pakaian Yang Menempel

Mau mesin mahal dengan merek paling bagus, kalo udah buat mencuci ya tetap aja pasti kotor dan berkerak. Sering-seringlah merawat mesin cuci terutama pada bagian ventilasi tabung yang biasa buat pengering, biasanya akan ada sisa benang pakaian yang bisa bikin macet mesin kalo di biarin.

Cara mudah membersihkan mesin cuci juga bisa kamu lakukan dengan membersihkannya dari sisa-sisa benang pakaian yang tertumpuk di ventilasi. Agar enggak bikin mesin cuci mampet atau macet rutin lah selalu mengecek bagian ini, kemudian lap dengan kain kering.

5. Bersihkan Filter Mesin Cuci

ersihkan Filter Mesin Cuci

Kalo filter mesin cuci jarang di bersihkan biasanya akan terjadi macet air, air susah mengalir dan mengucur kemana-mana. Dari pada ribet air tumpah kemana-mana mending di cek rutin filter airnya.

Caranya dengan membuka filter air, lalu cucilah dengan air yang mengalir, kemudian bilas sampai bersih dan lap sampai kering. Kamu bisa membeli filter air untuk candangan agar mesin cuci juga bersih terus. Untuk merawat fileter air ini minimal 2 bulan kamu cek dan dan bersihkan agar selalu awet.

6. Bersihkan Bagian Luar Pada Mesin Cuci

Bersihkan Bagian Luar Pada Mesin Cuci

Agar bersih maksimal jangan lupakan bagian luar mesin cuci, pastikan juga saat membersihkan bagian dalam mesin cuci sekalian bagian luarnya ya. Kamu harus rutin juga merawatnya agar tidak ada hambatan saat mencuci, apa lagi mesin cuci otomatis lumayan mahal harganya.

Cara membersihkannya hanya dengan cuka di campurkan ke air hangat, lalu lap dengan kain halus dan keringkan. Untuk merawat agar tetap awet laluka rutin 2 bulan sekali.

7. Biarkan Terbuka Setelah Mencuci Agar Bagian Dalam Kering

Biarkan Terbuka Setelah Mencuci Agar Bagian Dalam Kering

Jika kamu selesai mencuci jangan langsung tertutup, biarkan terbuka selama 10 menit sampai kering maksimal. Ini dilakukan agar saat sehabis mencuci tabung tidak di biarkan kering sehingga menjadi lembab yang akan memicu jamur. Dari timbulnya jamur akan berpengaruh ke pakaian menjadi bau, dan hindari menyimpan baju basah di mesin cuci terlalu lama itu hanya akan menjadikan baju berjamur dan bau.

Nah, itu dia cara merawat mesin cuci agar terhindar dari jamur dan bau apek serta tidak cepat rusak, lalukan perawatan ini secara berkala ya! Sanyangi mesin cuci yang kamu punya agar tetap bisa maksimal saat memakainya.

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

1 komentar

  1. Wah sangat membantu tipsnya gan thanks ya. Sukses selalu 😁

    BalasHapus

Posting Komentar