f Berapa Kali Kita Harus Menganti Handuk? - BZF Post | Berbagi Tips, Inspirasi, dan Mengedukasi Untuk Sehari-hari

Berapa Kali Kita Harus Menganti Handuk?

Mengganti Handuk Harusnya Berapa Kali ya? Simak Berikut Ini!

kapan kita hendaknya mengganti handuk?

Sebarapa sering handuk hendaknya harus diganti? Supaya tidak jadi sarang kuman dan bakteri sebaiknya simak akrtikel berikut ini.

Menjaga kebersihan handuk sangatlah penting, memang terkadang seringkali kita abaikan karena menganggap sepele. Karenanya handuk yang baru terpakai akan basah dan lembab, maka dari itu akan mudah menjadi sarang kuman dan berbahaya untuk kulit.

Maka dari itu sering perhatikan kapan terakhir Anda mengganti handuk. sama dengan baju handuk juga meski kita ganti secara berkala.

Lalu, berapa kali kita harus mengganti handuk dan bagaimana cara membersihkan handuk. simak artikel berikut ini.

Kapan Kita Harus Menganti Handuk?

Waktu Yang Tepat Untuk Menganti Handuk

waktu yang tepat untuk mengganti handuk

Handuk yang sering Anda pakai adakalanya untuk menganti secara rutin, gantilah handuk Anda sekali dalam seminggu. Agar tetap sehat dan bersih cucilah handuk dengan deterjen dan hendaknya Anda memiliki handuk lebih dari satu.

Meskipun sekali dalam seminggu waktu ganti handuk, hendaknya Anda cium bau dari handuk yang Anda simpan barang kali bau dan kotor, segeralah cuci agar tidak menempel di kulit tubuhmu.

Handuk yang baru saja dipakai agar selalu menjemurnya karena handuk yang dipakai akan lembab, dan akan menimbulkan bakteri pada handuk.

Kalo kamu berolah raga dan memakai handuk untuk membersihkan keringatmu hendak segera cuci setelah memakainya.

Jika Anda memiliki handuk khusus untuk tamu adakalanya Anda cuci juga walaupun tidak sedang ada tamu, karena debu dan kuman akan menempel pada handuk yang di simpan.

Jangan Suka Berbagi Handuk, Berbahaya!

jangan berbagi handuk

Jika Anda menggunakan handuk hendaknya jangan membagi dengan orang lain, itu hanya akan membahayakan kulit Anda, karena kuman akan berpindah ke sipengguna handuk itu. Itu juga berlaku untuk handuk untuk wajah.

Sama halnya dengan sikat gigi, pasti Anda juga tidak maukan membagi satu sikat gigi dengan orang lain? Nah, sama dengan handuk adakalanya Anda dapat memilih handuk sendiri dengan warna berbeda dengan anggota keluarga Anda dirumah.

Hal ini akan menghindari Anda dari penyakit kulit yang menular. Dan dengan handuk warna berbeda maka Anda tidak akan sengaja tertukar oleh orang lain.

Tips Mencuci Handuk

Tips Mencuci handuk dengan benar

Handuk yang telah dipakai hendaknya dicuci sekali dalam seminggu agar tidak terjadi penyakit kulit atau iritasi, berikut ini adalah tips cara mencuci handuk agar bersih maksimal:

I. Jangan Campurkan Handuk Dengan Pakaian

Tips untuk Anda yang ingin mencuci Handuk agar berhati-hati jangan mencampurkan cucian handuk dengan cucian pakaian, karena handuk memiliki bahan yang gampang rontok. Jika Dicampur dengan pakaian maka akan menempel serat handuk tadi ke pakaian.

Tidak hanya serat handuk yang menempel, kuman dan bakteri pada handuk akan menempel pada pakaian, jadi jangan mencapurnya, ya!

II. Cucilah Dengan Air Panas

Dengan menyiram handuk dengan ari panas akan lebih efektif karena kuman akan terbunuh tuntas yang ada pada handuk. Namun hendaknya Anda teliti dahulu sebelum menyiram handuk dengan ari panas, selalu berhati-hati gunakan sarung tangan, jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Sebelum Anda memutuskan untuk menyiram dengan ari panas, pastikan dahulu handuk bisa di rendam dengan ari panas. Dengan melihat label pada handuk untuk tau intruksi mencuci handuk yang Anda miliki.

III. Jemur Diterik Panas Matahari

Setelah mencuci bersih hendaknya Anda menjemurnya diatas teriknya matahari lansung. Dengan menjemur diatas terik matahari handuk akan cepat kering, handuk dengan bahan tebal akan membutuhkan waktu yang sedikit lama dari pakaian.

Hendaknya memisahkan handuk dengan pakaian saat menjemurnya. Pastikan juga handuk benar-benar kering sebelum Anda memutuskan untuk meyetrika ataupun langsung dilipat untuk dimasukan kedalam lemari.

Jika Anda membutuhkan Lemari pakaian berbahan kayu jati berkualitas asli Jepara, disini tempatnya!: Lemari pakaian minimalis kayu jati

IV. Bersihkan Mesin Cuci Dengan Disinfektan

Jika Anda mencuci menggunakan mesin cuci hendaknya setelah mencuci agar menyemprotkan disinfektan agar sisa kuman yang adan didalam mesin cuci tebunuh dan hilang.

Jika mencuci menggunakan tangan adakalanya Anda mencuci tangan dengan bersih dan semprotkan disinfektan ketempat Anda mencuci tersebut.

Dengan menyemprotkan disinfektan dapat membantu membunuh kuman sisa mencuci handuk ataupun pakaian, jadi tempat Anda akan tetap terjaga dari kuman dan bakteri.

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar