Bagaimana Agar Magic Jar Selalu Terawat Dengan Baik?

Cara merawat magic jar agar nasi enggak mudah basi. Simak tipsnya!
cara merawat magic jar rice cooker agar nasi tidak mudah basi
Apakah Anda pernah bertanya tentang, kenapa ya nasi di magic jar cepat basi? Seharusnya nasi tetap bagus jika tidak disimpan terlalu lama didalam magic jar dan akan tetap hangat.

Pasti Anda akan menduga karena dai beberapa faktor seperti kebanyakan air, atau beras yang kurang bagus, bisa jadi karena bakteri. Tetapi hal utama yang menjadi faktor adalah magic jar itu sendiri yang tidak dijaga kebersihannya dan kurangnya perawatan.

Nah, untuk itu bagaimana sih, agar magic jar selalu bersih dan terawat sehingga nasi tidak mudah basi? Cek artikel berikut ya!

Membersihkan seluruh bagian komponen magic jar

bersihkan komponen magic jar secara berkala
Luangkan waktumu untuk membersihkan dan merawat magic jar agar selalu tahan lama saat dipakai memanaskan nasi.

Untuk mula-mula kamu bisa membersihkan dari bagian komponennya dulu, seperti wadah air uap, tutup, kabel, dan seluruh body magic jar itu sendiri.

Besihkanlah Tempat Dimana Anda Menyimpan Magic Jar

Besihkanlah Tempat Dimana Anda Menyimpan Magic Jar
Biasanya Anda akan menyimpan magic jar  di suatu tempat meja, coba bersihkan tempat Anda menyimpan magic jar itu biasanya akan ada debu dan sisa-sisa pembuangan dari uap air yang jatuh ke meja dan akan menjadi tidak sehat.

Meja yang Anda gunakan untuk menyimpan magic jar akan sering berdebu dan kotor karena aktifitas memanaskan nasi, maka dari itu seringlah menjaga tempatnya agar selalu bersih dan tidak berdebu.

Rutinlah Membersihkan Magic Jar

Dengan membersihkan magic jar secara rutin amaka akan membuat megic jar awet dan nasi tidak akan basi lagi. Perhatikan tempat air uap, tutup bagian dalam, dan body. Anda dapat membersihkan sehari-hari.

Untuk bagian lainya seperti kabel body bagian bawah dan tempat Anda menyimpan megic jar bisa Anda bersihkan dalam waktu sekali seminggu.

Biasanya akan ada sisa nasi yang menempel dan sisia uap yang kali dibiarkan terlalu lama akan menjadi bakteri dan jamur.

Pisahkan, Jangan Mengguanakan Panci Magic Jar Untuk Mencuci Beras

Jangan Mengguanakan Panci Magic Jar Untuk Mencuci Beras
Untuk mencuci beras jangan menggunakan panci dari magic jar, karena sifat beras yang keras akan menggores bagian panci teflon. Sebaiknya Anda menggunakan wadah lainya agar panci magic jar selalu terjaga dan tahan lama.

Anda bisa mengguanakan wadah dari kaca ataupun plasik untuk mencuci  beras sebelum Anda memindahkan ke dalam paci teflon magic jar untuk kemudia di masak.

Jangan Memasak Nasi Melebihi Kapasitas

Jangan Memasak Nasi Melebihi Kapasitas
Hendaknya untuk memastikan sebelum memasak nasi agar melihat seberapa takaran pada panci magic jar. Sehingga sesuai dengan kebutuhan yang Anda kosumsi sehari-hari

Jika melebihi takaran yang ada di dalam panci magic jar tersebut lama-kelamaan akan membuat magic jar akan mengalami kerusakan dan alhasil bisa saja tidak dapat dipakai kembali.

Selain itu jika Anda terlalu memaksakan melebihi takaran dari panci magic jar tersebut bisa saja nasi tidak akan matang sempurna dan merata

Berikut adalah tips cara merawat magic jar agar selalu bersih dan tahan lama, sehingga tidak akan ada bakteri dan jamur yang akan menempel pada magic jar.


Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar