9 Tips Dekorasi Dapur Terbuka Yang Ada di Belakang Rumah

ide dekorasi untuk dapur terbuka belakang rumah kamu

Mendekorasi dapur terbuka yang ada di belakang rumah tidak selamanya menggunakan biaya yang besar. Sekarang ini banyak bangunan rumah minimalis yang sudah memakai dapur terbuka di belakang rumahnya, menurut dari beberapa sumber menerapkan dapur terbuka akan memberikan kesan luas dan mampu menyimpan perkakas banyak. Meski di luar tapi tetap maksimal dalam pemakaiannya dan engga ribet justru malah hemat karena engga perlu pake exhaust fan atau cooker hood supaya meminimalisir asap kompor.

Jangan khawatir kalo kamu memiliki lahan kecil di belakang rumah, dapur terbuka ini bisa di design dengan lahan sempit meski di sudut belakang rumah sekalipun. Sebagai bahan referensi berikut Bzf Post memberikan gambaran design dapur terbuka sekaligus tempat makan terbuka yang sudah kami rangkum.

1. Mendekorasi Dapur Tebuka Dengan Taman Meski Lahan Kecil Ini Juga Bisa

ide dekorasi dapur terbuka dengan taman kecil

Untuk gambaran design dekorasi dapur terbuka ini berkonsep semi outdoor, dengan memakai design full kayu agar lebih menyatu dengan berbagai unsur di luar ruangan. Kalo kamu juga masih memiliki lahan sisa bisa kamu manfaatkan sebahai tempat makan kecil dengan memakai tema yang sama.

Dari pada memberikan banyak kursi, mending kamu pakai meja makan dengan kursi yang 1 panjang dan 2 kursi kecil jadi bisa muat untuk 4 orang sekaligus dan menghemat ruangan, serta engga bikin sumpek.

2. Mengubah Pintu Menjadi Sleding Door Agar Dapur Terbuka Kelihatan Luas

dekorasi dapur terbuka dengan pintu sleding door

Meski kamu memiliki dapur terbuka dengan lahan kecil kamu bisa mengubah beberapa dekorasi mejadi lebih luas, misalnya saja mengubah pintu menjadi sleling door kaca, itu akan memberikan kesan luas pada area tersebut.

Penggunaan pintu kaca sleding door ini di fugsikan juga agar memudahkan aktifitas kamu saat di dapur, sedangkan pengguanaan pintu kaca agar sinar matahari juga ikut tembus sehingga ruangan akan sedikit lebih terang.

3. Menambahkan Tirai Bambu Agar Dapur Terbuka Tidak Terkena Debu

ide dekorasi dapur terbuka dengan tirai bambu

Dapur belakang rumah ini akan mengadap langsung ke luar rumah, jadi akan terlihat lebih luas dan terang. Apa lagi dengan design yang minimalis akan jadi lebih keren, tapi dapur di belakang rumah ini memang akan rentan terkena debu.

Maka dari itu gunakan tirai bambu ini untk menghalau agar debu tidak mengotori dapurmu, letakan tirai bambu di samping dapur terbukamu. Kegunaan tirai bambu ini selain menghalau debu juga bisa meminimalisir angin agar api di kompor tidak padam.

4. Mendekorasi Dapur Terbuka Dengan Tanaman Hias

ide dekorasi dapur terbuka dengan tanaman hias

Kamu bisa menambahkan tanaman hias untuk memperindah dapurmu, selain membuat tampilan lebih estetis, penggunaan ini bisa mejadi lebih adem. Meski dapur tidak terlalu luas tapi ini cocok baget untuk segala jenis design dapur terbuka.

Baca juga: Cara mudah membuat halaman minimalis di depan rumah

5. Dekorasi Dapur Terbuka Yang Menyatu Dengan Ruang Keluarga

Dekorasi Dapur Terbuka Yang Menyatu Dengan Ruang Keluarga

Tidak hanyak enak di pandang dekorasi ini akan bisa melihat seluruh keluarga dan lebi leluasa. Dekorasi model ini akan lebih hemat biasa serta energi karena pintu dapat di manfaatkan lebih maksimal untuk menyinari ruangan di dapur.

Sekaligus dapat menjadi lebih nyaman karena sirkulasi udara akan terurai tidak mengepul di dalam ruangan. Meski banyak keuntungan lainya dari design ini, masih banyak yang belum mengaplikasikannya. Sebenernya ini banyak ke untungannya .

6. Design Dapur Terbuka Bisa di Maksimalkan Untuk Yang Punya Sepetak Sudut Kosong

dapur terbuka dengan lahan area minim kecil

Dekorasi dapur terbuka ini engga perlu memakan banyak lahan, dengan lahan berbentuk vertikal juga bisa. Untuk ruang lahan berukuran 2x1 saja juga bisa di jadikan dapur terbuka, tetapi jika ingin menyimpan perkakas dapur ada baiknya membuat meja rak dan kabinet agar perkakas tidak berdebu.

Kamu harus tau jangan sesekali menaruh barang apapun di atas meja dapur itu akan membuat barang berdebu, kalo dapurmu belum di cor tanah. Meski mungil tapi ini sering menjadi alternatif bagi rumah-rumah yang minimalis.

7. Membuat Dapur Terbuka Dengan Konsep Dapur Basah

Membuat Dapur Terbuka Dengan Konsep Dapur Basah

Dengan memakai konsep dapur basah terbuka, dengan cara mengabungkan dengan ruangan santai untuk mengobrol atau sekedar makan. Kamu bisa menggunakan kanopi yang terbuat dari PVC yang bening agar terlihat terang dan luas. Kamu bisa menambahkan tanaman yang hijau di pot atau jenis tanaman merambat agar lebih hidup suasananya.

8. Mendekorasi Dapur Terbuka Menjadi Mini Bar

Kalo memiliki daput terbuka dan langsung mengadap ke taman itu akan mengasikkan ya, apa lagi di sore hari sambil minum kopi wah mantap! Kamu bisa memanfaatkan lahan minimalis untuk menjadikan mini bar. Engga usah terlalu besar barnya sesuaikan saja sama luas lahannya, yang penting masih bisa untuk meja dan beberapa kursi saja. Tetap akan menyenangkan kalo kamu menatanya pas ya.

9. Konsep Dapur Terbuka Yang Industrialis

Berbeda dengan konsep lainya, dapur terbuka yang temanya industrialis ini lebih dominan memakai material kayu, dan memakai dinding terbuka yang tidak memakai cat. Dengan menambahkan material besi yang di warnain gelap agar terlihat lebih industrialis. Kemudian kamu bisa menggunakan penerangan dengan lampu gantung yang cahayanya minim, ini akam lebih maksimal jika kamu menatanya dengan tepat dan menambahkan beberapa perkakas yang mendukung.

Nah, itu tadi beberapa tips referensi dekorasi dapur terbuka yang bisa kamu pilih sebagai bahan pertimbagan untuk konsep dapur terbuka kamu. Mengguanakan dapur terbuka sebenernya memang banyak kelebihan seperti hemat energi pencahayaan dan tidak bau saat asap terjadi. Karena kelebihannya ini belum banyak orang yang membangun dapur terbuka, lantaran karena beberapa alasan bisa minim lahan dan faktor resiko di malam hari. Sebenarnya dapur terbuka di belakang rumah ini juga bisa menjadi alternatif untuk menjamu tamu saat mengundang makan.

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar