Efek Dari Begadang Yang Akan Mengintaimu

efek dari begadang kurang tidur

Kamu harus tau bahwa organ tubuh kita akan melakukan tugasnya saat malam hari, maka dari itulah mengapa kita akan mengantuk dimalam hari dan meminta tubuh agar beristirahat.

Tetapi bagaimana untuk orang yang harus rela meninggalkan jam istirahat malamnya demi tugas pekerjaanya? Ada istilah kata jam biologis yang memiliki fugsi agar bisa menyesuaikan rutinitas sewaktu dilakukan.

Tapi, sebaiknya jangan memaksakan ritme jam yang sudah ada, jadi kualitas tidur tidak akan terganggu. Ada baiknya kamu tidur tidak lebih dari jam 11 malam, karena disitulah organ tubuhmu akan bekerja maksimal sampai kamu kembali bangun dipagi hari. Sebaiknya untuk kamu yang enggak punya urusan penting sekali diwaktu malam lebih baik tidur, karena begadang akan berdampak buruk bagi kesehatan dan berat badanmu!

1. Jam Biologismu Akan Sangat Terganggu

begadang akan merusak mental dan pesikis

akibat kurangnya tidur di waktu malam hari sehingga mengganggu aktivitasmu saat pagi dan siang hari, bukan itu saja jika memaksakan untuk mengurangi jam tidurmu kamu akan mengalami hal kurang baik untuk fisik dan mentalmu.

Jam biologis yaitu suatu waktu dimana organ tubuhmu akan mengalami kinerja secara bersamaan dan optimal, oleh sebab itu jam biologis biasanya akan mengatur aktivitas makan, jam tidur, dan suasana hati kamu.

Jam tidur sebenarnya sudah diatur mulai dari jam 11 malam, jika lebih dari itu jam biologis akan mempengaruhi fisik dan mental kamu. Berikut adalah siklus jam biologis pada malam hari.

Jam 9 Malam Sampai 11 Malam

Akan terjadinya proses pembuangan racun yang dilakukan sel limpa lemah.

Jam 11 Malam Sampai 1 Dini Hari

Perhatikan jam-jam ini pukul 23:00 sampai 01:00 jantung akan melemah, lalu kantung empedu akan bekerja secara maksimal mengeluarkan cairan untuk pencernaan. Begadang malah akan melemahkan fugsi jantung.

Jam 1 Dini Hari Sampai 3 pagi

Organ tubuh hati akan bekerja maksimal untuk membuang racun dan limbah hasil dari metabolisme tubuh. Dijam ini lah kamu akan sangat mengantuk jika tak tidur, karena proses hati membuang racun membutuhkan banyak darah untuk menjalankan tugasnya.

Jam 3 Pagi Sampai 4 Subuh

Dijam ini paru-paru akan menjalankan fugsinya yaitu membuang limbah atau racun yang ada pada paru-paru. Untuk itu dianjurkan setelah bangun pagi untuk melakukan aktivitas olahraga agar hasilnya akan lebih maksimal.

Karena kita terlalu abai dengan Jam Biologis seperti diatas tubuh akan mengalami kesulitan untuk melakukan tugasnya masing-masing. Maka yang akan terjadi akan berdampak buruk untuk kesehatan dan mentalmu.

2. Karena Begadang Kamu Akan Mengalami Insomnia

Karena Begadang Kamu Akan Mengalami Insomnia

Ketika jam tidurmu tidak teratur dan melewati jam yang sudah dianjurkan. Maka tubuh akan tetap bugar walau sudah lewat tengah malam. Kalau sudah begitu kamu mengalami gangguan kesulitan tidur atau insomnia.

Untuk kamu yang masih remaja jika berlebihan dalam begadang akan mempengaruhi aktivitasmu. Maka disarankan untuk tidur secara teratur, waktu cukup untuk tidur yaitu delapan jam dalam sehari.

3. Produktivitas Akan Menurun Kamu Akan Mudah Lelah

Produktivitas Akan Menurun Kamu Akan Mudah Lelah

Selain insomnia, begadang akan membuat tubuh mengalami penurunan produktivitasmu kamu akan mengalami penurunan kosentrasi, mengantuk, hingga mudah lelah.

Maka dari itu tidur yang cukup akan mempengaruhi kualitas tidurmu, kamu dapat mempertahankan kinerja yang maksimal, dapat mengatasi stres, dan merasakan senang dalam kehidupan. Kemampuan kreatif kita juga akan meningkat dan berdampak baik untuk emosi kita.

baca juga: Nyemil Tetap Enak Dengan Snack Dan Minuman Sehat

4. Begadang Akan Menurunkan Kekebalan Tubuh Maka Akan Gampang Sakit

begadang akan membuat tubuh menjadi sakit

Kalo kamu sering begadang, tubuh akan menurunkan kekebalan tubuh. Kalo sudah begitu kamu akan rentan terhadap penyakit, karena pada jam malam tubuh akan melakukan proses detoksifikasi yang ada dikelenjar getah bening.

Pada malam hari jam biologis akan beperan penting dalam membentuk sistem imun, efek yang paling dirasakan adalah organ hati. Hati akan terganggu dan dapat menurunkan sistem imun, maka dari itu kamu dapat mudah terserang penyakit.

5. Begadang Akan Menganggu Kinerja Jantung

Begadang Akan Menganggu Kinerja Jantung

Begadang akan sangat mengaggu kinerja organ tubuh terutama jantung. Jika mengalami gangguan tidur akan mengakibatkan terjadinya melemahnya fungsi jantung, mengalami tekanan darah tinggi, dan gejala stroke. Sebuah penelitian memberikan fakta bahwa waktu tidr yang kurang dan suka begadang akan meningkatkan resiko kardiovaskular.

Jadi, pastikan kamu cukup untuk tidur, ya! Agar terhindar dari dampak begadang yang mengakibatkan kronis bagi jantung.

6. Begadang Dapat Memicu Kanker

Efek begadang lainya yaitu dapat munculnya gejala kanker, ini sudah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh orang jepang. Menurut laporan mereka, hormon melatonin akan berkurang jika waktu tidur berkurang.

Karena berkurangnya hormon melatonin, maka akan berdampak pada munculnya gejala penyakit kanker.

7. Begadang Akan Membuat Kamu Gemuk

Begadang Akan Membuat Kamu Gemuk

Begadang selain merusak organ dalam tubuh juga akan mengancam berat badan kamu, loh! Karena waktu begadang akan ada terjadinya penurunan leptin dan ghrelin. Leptin sendiri adalah sinyal yang merespon ke otak bahwa kita sudah kenyang, sendangkan grelin adalah sinyal rasa lapar.

Sesorang yang begadang akan timbul hasrat yang kuat untuk selalu ingin menyantap makanan. Padahal kebiasaan makan pada malam hari sangat tidak sehat dan akan mengakibatkan peningkatan berat badan.

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar