f Manfaat Dari Minyak Zaitun - BZF Post | Berbagi Tips, Inspirasi, dan Mengedukasi Untuk Sehari-hari

Manfaat Dari Minyak Zaitun

manfaat dari minyak zaitun dan khasiatnya

Apakah kalian pernah merasa stres atau depresi? Jika kalian merasa stress atau sampai depresi, jangan sampai kalian abaikan, ya! Tentunya harus segera diatasi karena jika tidak, itu akan menyebabkan kesehatan mental kita terganggu sekaligus akan menyiksa dan merugikan diri sendiri. Oleh sebab itu, carilah kegiatan yang membuat kamu selalu berpikiran positif atau bisa juga mengkonsumsi atau memakai produk yang memiliki khasiat tersebut, salah satunya menggunakan minyak zaitun.

Minyak yang murah dan mudah ditemukan ini dapat membantu kamu mencegah depresi. Selain itu minyak zaitun juga memiliki khasiat lain dalam rangka menjaga agar tubuh kamu selalu dalam keadaan sehat.

Bzf Post sudah merangkum untuk kamu, apa saja manfaat minyak zaitun untuk kesehatan simak baik-baik artikel berikut, ya!

Khasiat Dari Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh

Minyak zaitun merupakan minyak yang terbuat dari lemak buah zaitun, minyak zaitun dapat dikatakan sebagai minyak yang serbaguna. Karena selain dapat digunakan untuk memasak, minyak zaitun juga dapat dikonsumsi sebagai campuran makanan, hingga bermanfaat untuk kecantikan.

Minyak zaitun memili=1 beberapa jenis diantaranya:

  • Extra Virgin olive oil
  • Virgin olive oil
  • Refined olive oil
  • Pure olive oil
  • Olive pomace oil

Namun terlepas dari jenisnya minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, yang salah satunya berfungsi untuk menurunkan kolesterol.

Selain itu, hal seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa minyak zaitun dapat mengurangi resiko depresi itu benar adanya, karena minyak zaitun dapat membantu melindungi sistem syaraf dan dapat berguna untuk mengobati depresi dan kecemasan.

1. Minyak zaitun Untuk Mencegah Stroke

Selain untuk mengurangi resiko depresi tentunya minyak zaitun sudah terkenal memiliki banyak khasiat lain untuk kesehatan diantaranya, mencegah stroke. penyakit stroke karena adanya kerusakan otak akibat gangguan aliran darah.

Dilansir dari WHO juga, merupakan penyebab kematian paling umum kedua di negara maju, loh! Nah, dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin hal itu dapat menjadi upaya mencegah kita terkena penyakit stroke. Terdapat studi yang mengatakan jika orang yang mengkonsumsi minyak zaitun memiliki risiko stroke yang jauh lebih rendah dari pada mereka yang tidak.

2. Mengkonsumsi Minyak Zaitun Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Menurut WHO, penyakit jantung merupakan penyebab kematian paling umum di dunia. Terdapat studi observasi yang dilakukan beberapa tahun lalu bahwa, penyakit jantung jarang sekali terjadi di negara Mediterania. Dan ternyata mereka suka mengkonsumsi minyak zaitun extra Virgin sebagai salah satu bahan utama daya tahan mereka sehingga, banyak dari mereka terlindungi dari penyakit jantung.

Selain itu minyak zaitun juga telah terbukti mampu menurunkan tekanan darah yang merupakan salah satu faktor resiko terkuat untuk penyakit jantung dan kematian dini.

Baca juga: Dengan jalan cepat, dapat menurunkan berat badan

3. Dengan Minyak Zaitun Dapan Mencegah Penyakit Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit progresif yang menghancurkan memori dan fungsi mental lainnya. Bahkan hingga saat ini obat untuk penderita nya belum ditemukan. Oleh karena itu perlu ada pencegahan sejak dini, agar alzheimer tidak menimpa kita sewaktu-waktu.

Salah satunya dengan menambahkan minyak zaitun ke makanan kita, itu dapat membantu mencegah penyakit alzheimer. Hal ini mungkin dikarenakan perlindungan dari minyak zaitun terhadap pembuluh darah di otak. Minyak zaitun kaya akan Oleo kantal yang dapat memperlambat atau menghentikan perkembangan alzheimer. Oleo kantal merupakan senyawa fenolik yang terdapat dalam minyak zaitun extra Virgin.

4. Minyak Zaitun Dapat Memperbaiki Autoimun

Minyak zaitun juga mampu membantu mengobati penyakit autoimun, loh! Yaitu artritis reumatoid yang ditandai dengan persendian yang bermasalah dan terasa nyeri. Minyak zaitun akan lebih ampuh jika mengkonsumsinya dibarengi dengan minyak ikan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun dan minyak ikan secara signifikan meningkatkan kekuatan genggaman tangan nyeri sendi dan kekuatan pagi hari pada orang dengan penyakit rheumatoid arthritis.

5. Konsumsi Minyak Zaitun Dapan Mencegah Kanker

Zat yang terdapat dalam minyak zaitun dapat membantu mencegah penyakit kanker antioksidan. Dalam minyak zaitun mampu mengurangi kerusakan oksidatif akibat radikal bebas yang diyakini sebagai pemicu utama kanker.

Beberapa penelitian dengan tabung reaksi juga menunjukkan bahwa senyawa dalam minyak zaitun dapat melawan sel kanker, loh! Wah, banyak sekali ya manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan bahkan hingga ke penyakit yang lebih kronis.

6. Minyak Zaitun Bagus Untuk Pencernaan

Tidak hanya itu, minyak zaitun juga mengandung banyak nutrisi yang dapat menghambat atau membunuh bakteri berbahaya salah satunya adalah helicobacter pylori bakteri, yang hidup di perut kita dan dapat menyebabkan sakit maag dan kanker perut.

7. Diet Dengan Minyak Zaitun

Selain itu meskipun minyak zaitun ini dikonsumsi secara rutin kalian tidak perlu takut akan kenaikan badan atau obesitas, loh! Bahkan terdapat satu studi yang dilakukan selama tiga tahun. Menemukan bahwa diet gaya minyak zaitun dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam darah serta penurunan berat badan.

Nah itu dia, beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan. Selain untuk kesehatan minyak zaitun juga berkhasiat dalam perawatan tubuh dan kecantikan, loh!

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar