f Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Tubuh - BZF Post | Berbagi Tips, Inspirasi, dan Mengedukasi Untuk Sehari-hari

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat bersepeda untuk tubuh

Untuk Anda yang ingin hidup lebih nyaman dan mudah dengan memilih pola hidup sehat, bersepeda bisa menjadi pilihan kamu. Bersepeda telah menjadi pilihan olahraga serta semakin populer di berbagai kota yang tersebar di seluruh Indonesia. Bersepeda memang merupakan hobi sehat menyenangkan dan juga merupakan kegiatan yang tepat sekali untuk refreshing.

Ketika kita melakukan bersepeda secara rutin maka akan memiliki dampak positif yang sangat signifikan bagi kesehatan Anda, yang bisa jadi jauh melebihi yang Anda ketahui selama ini. Jadi kali ini kami Bzf Post akan mengajak Anda untuk menyimak sederet manfaat tersebut supaya Anda semakin semangat lagi untuk Gowes.

1. Bersepeda Dapat Menurunkan Tingkat Stres

Bersepeda Dapat Menurunkan Tingkat Stres

Ketika sedang berolahraga tubuh akan memproduksi hormon endorfin dan dopamin, yang merupakan hormon yang bisa dibilang bertanggung jawab untuk membuat kita merasa senang dan nyaman.

Dengan terbentuknya perasaan ini, dengan sendirinya perasaan seperti, kecemasan berlebihan atau stres akan menurun dan tergeser oleh perasaan bahagia. Selain terbentuknya hormon yang membuat mood menjadi lebih baik dan rileks. Ini pengalaman yang Anda nikmati dari bersepeda itu sendiri seperti halnya menikmati pemandangan alam atau keseruan, menghadapi rintangan dan tantangan, juga dapat menurunkan tingkat stres yang Anda alami.

2. Bersepeda Dapat Membantu Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Yang satu ini, tentunya merupakan kegiatan yang mudah untuk ditebak. Tetapi tidak ada salahnya kami mengingatkan kembali bahwa bersepeda merupakan kegiatan yang sangat efektif untuk membakar kalori dan lemak tubuh, membentuk otot dan meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

Untuk memantau jumlah kalori yang terbakar, anda dapat menggunakan alat seperti Pedometer atau jam pengukur denyut jantung, ataupun aplikasi smartphone terpercaya lainnya. Termasuk yang didesain khusus untuk menghitung kalori yang terbakar saat Anda bersepeda.

Jika anda menginginkan hasil lebih optimal sudah tentu Anda perlu menerapkan pola makan yang sehat, juga jadikan hobi yang ini sebagai salah satu sumber motivasi untuk memperbaiki pola makan Anda menuju arah yang semakin sehat dan bertanggung jawab.

3. Bersepeda Membantu Meningkatkan Kesehatan Otak

Bersepeda secara rutin telah terbukti dapat meningkatkan aliran darah ke otak, yang mempengaruhi kadar oksigen serta nutrisi yang diterima oleh otak anda. Hal ini pada akhirnya memiliki efek yang sangat positif dalam menjaga fungsi kognitif atau daya pikir anda, serta menurunkan risiko terjadinya demensia.

Lalu apa sih, definisi bersepeda secara rutin untuk mencapai manfaat? Paulus menjawab pertanyaan itu, para ahli menjelaskan bahwa bersepeda selama 45-60 menit perhari sudah termasuk dalam kategori rutin dan mencukupi sebagai upaya menjaga kesehatan otak dan tentunya menikmati sederet manfaatlainnya.

Baca juga: Tips memilih sepeda lipat yang terbaik

4. Besepeda Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Kardiovaskular

Sebuah artikel yang diterbitkan oleh Herbert Hope menyatakan bahwa, sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh journal circulation pada tahun 2016 menunjukkan data bahwa, angka karena jantung seseorang yang rutin bersepeda memiliki tingkat kurang lebih 15 persen lebih rendah daripada orang yang tidak menerapkan hal ini.

Dalam penelitian ini disimpulkan juga, bahwa sepeda dengan durasi 30 menit per minggu saja dapat mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit kardiovaskular. Sebuah penelitian di Denmark juga membuktikan bahwa, bersepeda secara rutin dapat membantu memperbaiki kinerja jantung, paru-paru, sirkulasi darah, serta mengurangi kadar lemak dalam darah. Jadi kalau anda bekerja di akhir pekan dengan bersepeda, sebaiknya Anda pertimbangkan matang-matang sebelum anda menghentikan kebiasaan baik ini.

5. Bersepeda Dapat Mengurangi Resiko Terserang Penyakit Kanker

Sebuah penelitian oleh tim dari University of Glasgow Skotlandia, berhasil menemukan adanya hubungan antara bersepeda dengan menurunnya risiko seseorang untuk terserang penyakit kanker. Telitian ini tepatnya menyatakan bahwa kebiasaan bersepeda ke tempat kerja pada setiap hari, dapat dikaitkan dengan penurunan risiko terserang penyakit kanker.

Menurun 45 persen jika dibandingkan dengan keseharian dimana perjalanan ke kantor bersifat non aktif seperti halnya dengan menggunakan transportasi umum atau kendaraan bermotor. Sudah saatnya mempertimbangkan kebiasaan baik ini di kehidupan sehari-hari Anda.

6. Bersepeda Dapat Mengurangi Risiko Diabetes

Salah satu penyebab utama terjadinya penyakit diabetes adalah kurangnya aktivitas fisik. Sebuah penelitian berskala besar yang dilakukan oleh sekelompok peneliti, dengan penelitian ini membuktikan bahwa orang yang memiliki kebiasaan bersepeda selama lebih dari 30 menit per hari, memiliki tingkat resiko 40% lebih rendah untuk kena penyakit diabetes.

Jika dibandingkan dengan orang yang tidak aktif secara fisik. Nah itulah, manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh Anda, sehingga dapat menjadi sebuah motivasi agar anda lebih konsisten lagi dalam pertahankan kebiasaan ini bahkan ketika tren bersepeda mungkin akan tergeser dikemudian hari.

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar