Tips Memilih Sepeda Lipat Yang Terbaik

tips sebelum membeli sepeda lipat

Mengenai Sepeda Lipat adalah sepeda yang mampu dilipat dan bisa meringkas bentuk, jadi lebih mudah untuk menyimpannya. Ada banyak merek Sepeda Lipat yang yang telah membanjiri pasar sepeda di Indonesia diantara lainya seperti Polygon, Dahon Bike, dan United Bike dengan masing-masing memiliki banyak kelebihan dan beragam model. Namun tentu saja memiliki Khas yang berbeda antara yang satu dengan yang lainya.

Jika Anda hendak membeli Sepeda Lipat dan tidak salah pilih, maka baca artikel ini hingga habis ya...! Karena kami akan memberikan info tips Memilih Speda Lipat yang Bagus untuk Anda. Mari kita sama-sama bersepeda untuk badan yang lebih bugar dan fit terus.

Simak Cara Memilih Sepeda Lipat Sebelum Anda Membelinya

Ini adalah tips cara Memilih Sepeda Lipat, Anda bisa memilih dari segi bentuk, ukuran, Design, atau Aksesoris Pendukungnya. Mari kita Simak artikel berikut!

Cari Sepeda Berdasarkan Spesifikasinya

Membawa Sepeda Lipat sangatlah menyenangkan tidak hanya bentuknya yang kecil dan minimalis tapi juga memiliki sejumlah kelebihan di banding sepeda lainya. Anda bisa memilih Sepeda Lipat menurut Spesifikasi dari Sepeda Lipat tersebut. Perhatikan Poin-poin yang ada di keterangan Sepeda tersebut.

Perhatikan Bobot Sepeda Agar Lebih Efisien di Bawa

cek terlebih dulu spesifikasi dari sepeda lipat tersebut

Hendaknya pilih Sepeda Lipat juga dari segi Beratnya, karena jika memilih sepeda yang terlalu berat tentunya Anda akan kesulitan saat meindahkan dan kerepotan saat ingin dibawa berpergian. Pilihlah berat yang Efisien dengan berat sekitar 10 KG, jika sering Anda bawa berpergian hendaknya pilih sepeda dengan berat dibawah 10 KG. Jika Anda ingin membawa sepeda ketempat jauh dan menggunakan Mobil hendaknya Pilih dibawah 15 KG itu akan sangat efisien saat Anda membawanya dengan Mobil Anda.

Jika sepeda dengan berat semakin ringan, maka rangka sepeda semakin kokoh kuat. Maka dari itu sepeda yang semakin ringan akan memiliki harga yang tinggi tentunya. Memang banyak merek dan harga yang berbeda-beda tapi juga tergantung dari ukuran Roda serta dari berat rangka sepeda tersebut. Jika Anda ingin memiliki sepeda dengan berat dibawah 10 Kg Anda bisa menyiapkan dana 5 Juta ke atas. Jika memilih sepeda dengan berat di bawah 15 Kg sipakan dana sekitar 3.5 Jutaan, Anda bisa memilih merek sepeda dengan berat paling ringan dengan dana yang Anda miliki.

Perhatikan Ukuran Sepeda Saat di Lipat

saat membeli harap perhatikan Ukura sepeda saat terlipat

Pilihlah Sepeda dengan lipatan yang mudah dan praktis sehingga lebih optimal tentunya, dan pilih sepeda dengan ukuran sesuai kebutuhan Anda.

Jika Anda sering menggunakan sepeda untuk Jalan-jalan dengan mobil, tentunya pilihlah sepeda dengan spesifikasi yang mudah di lipat tanp harus melepas setang, atau sadel, sehingga lebih mudah dan praktis saat memasukan ke bagasi mobil.

Memang semua sepeda lipat memiliki ukuran sama, namun pilihlah sepeda dengan ukuran saat melipatnya karena sepeda lipat akan berbeda-beda ukuran saat sudah lipat. Nah.. jadi jangan salah pilih ya..!

Pilih Sepeda Yang Minim Dilipat, Sehingga Lebih Mudah Digunakan

perhatikan berat dan yang penting minim dilipat

Saat hendak membeli Sepeda Lipat sejatinya pilihlah sepeda yang minim komponen yang akan dilipat. Ketahui dulu komponen apa saja yang akan dilipat pada sepeda pilihan Anda dan pelajari juga cara melipatnya karena bisa saja berbeda dengan merek sepeda lainya untuk cara melipatnya. Dengan Sepeda yang sedikit komponen lipatan maka itu akan menjadikan semakin mudah untuk Anda gunakan.

Sepeda Lipat umumnya hanya beberapa bagian saja yang bisa dilipat, ada yang bisa melipat setang dan rangka menjadi dua lipatan, ada juga yang hanya bisa dilipat setangnya saja jadi masih dalam keadaan berdiri saat menyimpannya. Ada juga sepeda yang benar-benar ringkas seperti setang dan rangka semua bisa dilipat sehingga menjadi sangat praktis untuk menyimpannya.

Jika Anda sering menggunakan sepeda adakalanya Anda perhatikan komponen sepeda yang bisa dilipat, jika semakin sedikit komponen yang dilipat maka sedikit juga tenaga yang dikerahkan, jadi pilihlah yang sedikit komponen lipatnya.

Untuk Jalan-Jalan Pilihlah Ban 14 Sampai 16 Inci

Pilihlah ban dengan ukuran 16 sampai 20 inci

Sepeda Lipat memiliki ukuran ban 12 sampai 26 inci, jika semakin kecil ukuran bannya akan semakin ringan untuk dikayuh, tetapi jika ukuran ban yang kecil tidak bisa melaju dengan cepat. Jika ingin lebih cepat saat dikayuh maka pilihlah ukuran Ban yang besar. Itu akan memerlukan tenaga lebih saat mengkayuh sepeda, jadi pilihlah sepeda yang sesuai kebutuhan.

Jika ingin bersepeda stabil artinya bisa cepat dan bisa santai pilihlah ban dengan ukuran 14-16 inci. Pilihlah ban yang lebar makan akan semakin stabil pula melajunya.

Tetapi jika memilih ban yang semakin kecil akan ada resiko saat melawati jalan bergelombang sehingga menimbulkan tidak seimbang, memang sepeda dengan ukuran ban yang kecil akan mudah dilipat dan lebih praktis. Jadi berhati-hatilah saat bersepeda ya..!

Jika ini pertama kalinya Anda membeli Sepeda Lipat, maka pilihlah ukuran ban 16-20 inci. Dengan memilih ukuran tersebut diharapkan akan semakin mudah untuk digunakan. Tapi ingat, jika semakin besar banya maka semakin besar juga tenaga saat mengkayuhnya dan semakin besar pula saat dilipat.

Gear Ratio Tinggi Akan Lebih Nyaman

semakin tinggi gear rationya maka akan semakin nyaman

Jika Sepeda dengan ukuran ban yang kecil, namun ingin berjalan cepat saat bersepeda, maka pilihlah gear ratio yang tinggi. Gear ratio akan menunjukan putaran roda saat dikayuh. Dengan gear ratio yang tinggi maka akan jauh juga saat sekali kayuh. Jadi gear ratio tinggi maka semakin ngebut.

Untuk perbandingan gear ratio untuk sepeda perempuan 2.28, jika Anda memilih bersepeda dengan ngebut maka gear ratio 4.2. Namun apabila Anda memiliki gear ratio rendah Anda bisa pilih yang ada shifter nya.

Pilihlah Yang memiliki Shifter atau Tenaga Elektrik

pilih sepeda lipat yang memiliki shifter

Jika sepeda yang menggunkan shifter akan terasa nyaman saat dipakai bersepeda. Dengan adanya shifter, Anda bisa mengatur kecepatan kayuh sepeda dengan megubah posisi gear sepeda, ini beguna untuk Anda yang sedang bersepeda khususnya saat jalan menanjak sehingga bisa mengatur gear ke setelan paling ringan. Shifter sendiri memiliki dua macam yaitu lever shifter dan grip shifter.

Jika Anda ingin membeli sepeda dengan harga yang murah biasanya sepeda akan mengguanakan jenis lever shifter, meskipun mudah dalam pemakainya sat mengatur gear, tangan akan cepat cepek saat mengatur posisi gear sepeda.

Grip shifter ditagetkan untuk Anda yang pemula dalam bersepeda. Karena untuk memindahkan gear sangatlah mudah tanpa harus memindahkan jari tangan. Nah, maka dari itu Anda bisa lebih santai saat berjalan. Pilihlah yang menurut Anda sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk sepeda bertenaga elektrik dikhusus kan untuk Anda yang sering berjalan menanjak ataupaun membawa barang berat. Dari sepeda ini Anda akan mendapatkan tenaga lebih. Memang, harga yang di jual sangatlah tinggi namun yang ditawarkan juga sebanding apa lagi ini dengan tenaga elektrik yang bisa membantu Anda bersepeda walaupun ban kecil.

Lihat Aksesoris Pendukungnya

Sepeda lipat biasanya tidak memiliki lampu, standar, dan keranjang. Karena memang Sepeda Lipat agar mudah saat melipatnya dan tidak terlalu banyak komponen yang harus di lepas.

Biasanya dengan meilih merek sepeda akan beda juga aksesoris yang akan didapat. Nah, maka dari itu pilihlah sepeda dengan pendukung aksesoris yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda memilih sepeda yang tidak ada srandar nya maka Anda akan kerepotan saat sedang beristirahat, maka dari itu periksalah aksesoris sesuai kebutuhan Anda.

Pilih Berdasarkan Merek

Jika hendak ingin membeli sepeda lipat yang akan Anda lihat biasanya model dan merek. Semakin bagus mereknya maka harga yang dijual akan tinggi, jika Anda sudah familiar dengan merek yang Anda kenal itu akan sangat terpercaya karena dari segi bentuk dan kualitas sudah pasti terbaik.

Selain berkualitas dengan memilih merek ternama akan ada banyak keuntungan seperti yang ditawarkan kenyamanan, performa, dan tentunya tampilan yang menarik. Cocok untuk Anda yang ingin sepeda tahan lama alias awet, sepeda dengan merek ternama biasanya banyak memiliki model yang beragam, sesuailan dengan kebutuhanmu ya..!

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar