f Cara Simple Menanam Jahe di Rumah - BZF Post | Berbagi Tips, Inspirasi, dan Mengedukasi Untuk Sehari-hari

Cara Simple Menanam Jahe di Rumah

Ketahuilah bahwa Jahe memiliki Banyak Manfaat salah satunya adalah meninggkatkan daya tahan tubuh Anda.

cara mudah menanam jahe sendiri dirumah

Kita tau bahwa Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang banyak sekali ada di Indonesia. Tidakheran jika Jahe mudah ditemukan disekitar kita. Rempah satu ini di yakini akan memberikan rasa sedikit pedas dan terasa hangat di perut saat dicampurkan dengan air.

Jahe memang salah satu dari bumbu dapur namun Jahe ini juga sebagai obat Tradisional yang sudah sejak dulu di manaatkan khasiatnya sebagai obat mujarap.

Berbagai Penyakit mampu redakan dengan Minuman Jahe seperti, Demam, Perut Kembung, Pilek / Batuk, Gejala Panas Dingin, Pencegah Penyakit Kulit, dan sebagai Antioksidan bagi tubuh kita. Jahe juga sebagai rempah untuk menjaga imun tubuh tetap fit. Nah.. Jika banyak manfaatnya sebagai minuman penjaga daya tahan tubuh cocok untuk Anda budidayakan sendiri, pasalnya menanam Jahe sangatlah mudah. Jika Anda berniat untuk menanam Jahe di rumah Anda berikut Cara Mudah Menanam Jahe di Rumah.

1. Pilihlah Bibit Jahe Yang Akan Anda Tanam

ketahui jenis jahe sebelum Anda menanamnya

Jika Anda ingin menanam Jahe ketahuilah untuk mengetahui jenis-jenis Jahe terlebih dahulu sebelum memulai menanamnya.

Ada banyak jenis Jahe yang ada di Indonesia, namun kita tidak akan membahasnya satu-persatu hanya saja memilih Jahe yang bagus untuk ditanam dan dikosumsi sebagai minuman penambah daya tahan tubuh.

  • Jahe Warna Putih Ukuran Besar, dengan isi umbi berukuran sekitar 8 sampai 9 cm.
  • Jahe Warna Putih Ukuran Kecil, dengan umbi berukuran sekitar 3 sampai 4 cm.
  • Jahe Warna Merah, biasanya umbi jahe merah ini berukuran 4 sampai 5 cm, dan warna yang tidak selalu merah ada yang jingga dan bentuknya berapis. Ini sangat umum kita temukan di toko sayur biasanya.

2. Menanam Jahe Dengan Rimpang Umur 10 Bulan

tanamlah rimpang jahe dengan umur kisaran 10 bulan

Jika sudah menentukan Jahe yang akan ditanam, kemudian langkah berikutnya dengan cara pembibitan Jahe

Sebelum pembibitan adakalanya Anda memilih Rimpang dengan kulit yang halus, dan yang bagus untuk media pembibitan yaitu Rimpang yang berumur 10 bulan.

Jika Anda telah menemukan Rimpang yang tepat dan sesuai untuk media pembibitan, berikutnya lakukan perendaman. Rendam Rimpang tersebut dengan air hangat selama satu malam, kemudian letakan Rimpang ke dalam tanah tunggu sampai bertunas, Jauhkan dari panas matahari langsung. Kemudian setelah Rimpang telah bertunas Anda bisa memindahkannya ke media tanam yang lebih besar.

3. Siapkan Perkarangan Untuk Media Tanam

siapkan media tanam untuk jahe

Perlu diketahui Jahe adalah tanaman dengan jenis umbi-umbian jadi perlu media tanam yang sedikit besar dan penanamannya agak dalam karena akar akan menjalar kedalam tanah dan menjadi umbi Jahe

Jika tidak memiliki media tanam perkarangan tanamlah Jahe di dalam Pot dengan ukuran 30 x 40 cm, ukuran ini sudah cukup untuk menanam Jahe sebanyak 4 buah.

Siapkan juga media tanam lainya seperti pupuk, pupuk sangatlah pening untuk menyuburkan Jahe agar tumbuh maksimal dan sehat. Gunakan pupuk Kompos atau Pupuk Kandang.

4. Pindahkan Tunas Rimpang Jahe

pindahkan jahe keperkarangan

erikutnya jika Rimpang Jahe sudah bertunas segeralah memindahkannya ke media tanam yang sudah di siapkan.

Potonglah kecil-kecil Rimpang Jahe tersebut, untuk setiap potongan bisa menjadi beberapa bagian. Letakan potongan tunas tersebut di dalam tanah dengan kedalaman 7 cm.

Berilah jarak jika menanam lebih dari satu, jarak antara jahe satu dengan yang lainya sekitar 5 cm.

5. Rawatlah Sampai Panen

rawatlah tanaman jahe dengan memberikan pupuk kompos

Merawat tunas Jahe sampai dengan panen memang membutuhkan waktu, namun Anda bisa merawatnya sampai waktu panen tiba.

Dengan merawat maka Jahe akan tumbuh dengan baik, dengan cara jauhkan langsung dari sinar matahari. Jangan meletakkan di suhu yang lembab dan dingin itu hanya akan memperlambat pertumbuhan Jahe tersebut.

Rawatlah setiap hari dengan menyiraminya dengan air secukupnya.

Jika sudah semua dilaksanakan dengan baik, tinggal tunggu hasli panen tiba, perlu memerlukan waktu sekitar 9 sampai 12 bulan untuk masa panen tiba. Ada juga yang 4 bulan sudah panen itu biasanya untuk olahan minuman jahe yang Tradisional.

Sekian, berikut adalah artikel Cara Menanam Jahe di Rumah. Semoga bermanfaat.

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar