f Sumber Vitamin A Yang Terkandung Dalam Sayuran, Buah-Buahan, dan Dalam Makanan - BZF Post | Berbagi Tips, Inspirasi, dan Mengedukasi Untuk Sehari-hari

Sumber Vitamin A Yang Terkandung Dalam Sayuran, Buah-Buahan, dan Dalam Makanan

sumber vitamin A terdapat pada buah-buahan sayuran dan makanan

Vitamin A sangat di perlukan bagi tubuh kita, vitamin ini adalah jenis vitamin yang mudah larut di dalam lemak dan dapat menyimpan sendiri di dalam hati. Kebanyakan orang tau tentang vitamin A hanya bermanfaat bagi kesehatan mata saja, keyataannya memang demikian selain menjaga mata menjadi lebih sehat kegunaan dari vitamin A ini banyak beragam kegunaanya sendiri.

Dalam sebuah artikel dari Medline Plus menyebutkan bahwa, vitamin A mampu dalam menjaga gigi tetap sehat, menguatkan tulang, sistem jaringan lunak, selaput lendir, dan merawat kulit. Vitamin A juga mampu sebagai penunjang vitamin bagi kesehatan ibu hamil serta bagi ibu menyusui, terdapat fungsi vitamin A yang besar yaitu sevagai antioksidan bagi tubuh. Antioksidan ini berguna sekali untuk melindungi sel dalam tubuh dari radikal bebas.

Memenuhi kebutuhan asupan gizi itu sangatlah penting sebagai pencegahan dalam kekurangannya definisi vitamin A itu sendiri. 

Dalam kutipan dari Healthline mengatakan bahwa, kekurangan dalam kebutuhan vitamin A dapat mengakibatkan rambut rontok, mata kering, terjadi masalah kulit, rambut senja, dan parahnya lagi tubuh jadi rentan infeksi. Disebuah negara berkembang vitamin A ini sangatlah dibutuhkan

Kebutuhan Asupan Vitamin A Dalam Tiap Hari

protein hewani dan buah-buahan mengandung banyak vitamin A

Kebutuhan vitamin A setiap harinya seseorang akan berbeda-beda, sesuai dengan usianya, kondisi kesehatan, dan jenis kelaminnya. Dikemukakan oleh kementrian kesehatan bahwa, kebutuhan vitamin A setiap orang berbeda-beda perharinya, kebutuhan vitamin A perhari untuk:

  • Bayi 0 – 6 bulan : 375 mcg
  • Bayi 7 – 36 bulan : 400 mcg
  • Anak usia 4 – 9 tahun : 450 – 500 mcg
  • Laki-laki umur 10 – 80 tahun ke atas : 600 mcg
  • Perempuan umur 10 – 18 tahun  : 600 mcg
  • Perempuan umur 19 – 80 tahun : 500 mcg
  • Ibu hamil saat trimester 1 dan trimester 2 : sesuai umur dan di tambah 300 mcg
  • Ibu hamil saat trimester 3 : sesuai umur dan di tambah 350 mcg
  • Ibu menyusui : sesuai usia dan di tambah 350 mcg

Dalam selalu menjaga kebutuhan vitamin A sehari-hari secara alamai, kamu bisa mudah mendapatkannya dari berbagai makanan yang beragam yang dapat kandungan vitamin A nya. Ada dua varian jenis vitamin A yang bisa kamu dapatkan dari makanan seperti protein hewani atau retinol, serta protein nabati atau karotenoid yang mana ini semua adalah sumber vitamin A yang baik.

Retinol adalah makanan yang mengandung vitamin A yang bisa di temukan dalam makanan dan protein hewani, beberapa protein yang mengandung vitamin A di antara lainya adalah :

  • Hati sapi
  • Kambing
  • Domba
  • Minyak hati ikan cod
  • Ikan trout

Untuk memperoleh vitamin A tidak hanya berasal dari protein hewani saja, ada sumber vitamin A yang bisa kamu peroleh dari karotenoid yang ada pada sayuran. Zat karotenoid yang ada pada sayuran termasuk kategori beta-karoten dan alfa-karoten, yang mana bisa diartikan sebagai provitamin A. Ada beberapa sayuran yang mengandung vitamin A seperti:

  • Ubi jalar kale
  • Wortel
  • Paprika merah
  • Bayam
  • Daun selada romaine

Kandungan vitamin A tidak hanya kamu temukan di sayuran saja, kandungan vitamin A bisa kamu dapatkan juga dari buah-buahan yaitu buah dengan vitamin C tertinggi akan mengandung vitamin A. Beberapa buah yang banyak mengandung vitamin A seperti:

  • Mangga
  • Blewah
  • Jeruk bali
  • Semangka
  • Pepaya Aprikot
  • Jambu biji
  • Markisa

Selain beragam sumber vitamin A yang baik dari makanan ataupun buah-buahan di anjurkan juga untuk mengkonsumsi secara rutin agar mendapatkan kandungan vitamin A yang cukup dan maksimal bagi tubuh. Vitamin A mudah larut di dalam lemak, zat gizi seperti vitamin A ini lebih mudah diserap ke dalam aliran darah saat bersamaan dimakan dengan lemak.

Meskipun sebagian besar protein dalam hewani kaya akan sumber vitamin A dan lemak, tetapi makanan yang mengandung pangan nabati belum tentu mengandung lemak. Jika ingin mudah dalam penyerapan saat kamu mengkonsumsi makanan sumber protein nabati kamu bisa menambahkan sedikit lemak, bisa kamu tambahkan misalnya minyak zaitun ke dalam salad.

Perlu kamu ingat bahwa, beberapa orang mungkin mempunyai masalah genetik dan vegan yaitu mempunyai masalah penyerapan vitamin A jadi akan kurang optimal. Sebagai solusi kamu bisa berkonsultasi ke dokter mengenai pemenuhan vitamin A untuk orang yang memiliki masalah penyerapan zat gizi.

Baca juga: Manfaat dari minum jahe untuk kesehatan

Kandungan Vitamin A pada Buah-Buahan

buah yang memiliki zat gizi vitamin A

Ubi Jalar

Seperti yang sudah di kutip dari Medical News Today mengatakan bahwa, kamu bisa mendapatkan 1.403 mcg vitamin A yang bisa kamu peroleh dari ubi jalar yang di panggang bersamaan dengan kulitnya. Ubi jalar selain mengandung vitamin A, nutrisi lain juga bisa kamu dapatkan yang berguna dalam menjaga kesehatan tubuh secara optimal.

Nutrisi penting lainya yang terkandung dalam ubu jalar adalah serat, vitamin C, vitamin B6, serta memiliki kalori yang sedikit. Selain dari ubi jalar kamu bisa mendapatkan sumber lain untuk mendapatkan kebutuhan vitamin A.

Wortel

Kamu bisa menemukan vitamin A pada wortel, segelas jus wortel mengandung sebanyak 459 mcg vitamin A cukup untuk memenuhi kebutuhan harian kamu. Wortel juga mengandung serat yang bisa kamu gunakan sebagai pencegah sembelit. Wortel ini cocok jika dijadikan cemilan diet karena kandunagan kalori pada worte hanya sebesar 29 kalori.

Mangga

Sumber vitamin pada buah mangga sangatlah banyak salah satunya mengandung vitamin A yang bisa kamu peroleh sebesar 112 mcg. Selain mengandung vitamin A mangga juga memiliki antioksidan dan serat. Mangga juga mampu mencegah masalah sembelit serta membantu dalam mengontrol gula darah.

Bayam

Medical News Today memasukkan bayam selaku salah satu opsi sumber vit A. Kamu dapat menemukan 573 mcg vit A dalam separuh gelas bayam yang telah dimasak. Tidak cuma itu, bayam pula sanggup penuhi kebutuhan zat besi serta magnesium badan Kamu.

Tidak hanya mangga, blewah pula tercantum dalam buah yang memiliki vit A. 15% kebutuhan vit A setiap hari Kamu dapat terpenuhi dengan komsumsi separuh gelas blewah. Tipe buah ini pula mempunyai banyak antioksidan serta vit C yang sanggup tingkatkan energi tahan badan.

Aprikot Kering

Aprikot kering juga mengandung zat gizi berupa vitamin A yang bisa kamu coba. Dalam 10 buah aprikot kering terdapat 63 mcg vitamin A, meski begitu kamu juga tidak boleh memakan aprikot kering terlalu banyak karena buah jenis ini terlalu banyak mengandung gula dan kalori.

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar