9 Cara Aman Cek Siapa Pemilik Nomor Telepon Yang Tidak Dikenal

Cara cek nomor telepon yang tidak kita kenal dengan menggunakan aplikasi. Cara ini sangatlah aman demi menghindari nomor yang tidak kenal yang berniat penipuan ataupun peretasan.

Cara Aman Cek Siapa Pemilik Nomor Telepon Yang Tidak Dikenal

Banyaknya kasus yang banyak terjadi seperti kasus penipuan serta banyaknya pertasan yang terjadi melalui pesan singkat maupun telepon yang kerap kali menimbulkan banyak kerugian di berbagai masyarak. Kerugian yang banyak di alamai seperti terkurasnya isi saldo rekening, penipuan atas nama pinjaman online, sampai ada yang mengatakan mengaku kenal kepada kita.

Tetapi kamu jagan khwatir, sekarang ini sudah banyak cara untuk lebih waspada saat menerima telepon dengan cara mengetahui pemilik nomor telepon.

Dengan menggunakan aplikasi katergori caller id, yang beragam jenis aplikasi dapat membantu kamu saat mengecek pemilik nomor telepon yang masuk. Bahkan beberpa aplikasi juga bisa mengetahui lokasi serta status nomor tersebut, jadi kamu bisa lebih waspada saat menerima panggilan tidak dikenal.

Cara Mengecek Siapa Pemilik Nomor Telepon Memakai Aplikasi

Demi sebuah keamanan, kamu wajib mengetahui siapa pemilik nomor telepon yang masuk menelpon kamu apalgi nomor tidak dikenal agar terhindar dari kesalah gunaan serta kerugian yang fatal. Nah, berikut Bzf Post merangkum untuk kamu beberpa aplikasi yang bisa kamu coba pakai.

1. Aplikasi Get Contact

Yang pertama kamu bisa mencoba aplikasi Get Contact yang sekarang ini lagi viral sebab sipengguna bisa mengetahui nama tag langsung dari nomor telepon seseorang. Tag yang ada di dalam nomor berasal dari orang lain yang menyimpan nomor yang sama di kontak orang lain.

Banyak fitur yang di berikan di dalam aplikasi ini, salah satunya seperti Spam Protection, ini berguna mengetahui spam nomor yang menelepon kamu. Selain itu bisa melakukan pemblokiran telepon, sampai bisa tau siapa yang melihat tag nomor telepon. Ada lagi fitur identifikasi gunanya agar bisa menelepon tanpa harus melihat tag.

2. Aplikasi True Caller

Aplikasi True Caller bisa kamu andalkan sebab aplikasi ini dapat membantumu dalam mencari kontak dari sebuah nama ataupun nomor meski nomor itu belum kamu menyimpannya ini bertujuan mengetahui siapa pemilik nomor tersebut secara detail. Aplikasi ini bisa membagikan buku telepon tanpa batas loh!

Kamu harus tau bahwa aplikasi ini sudah di unduh lebih dari 250 juta orang. Kamu engga usah khawatir lagi untuk mengganti nomor telepon demi mengindari panggilan yang tidak kamu kenal, dengan aplikasi ini kamu bisa memblokir panggilan masuk yang mencurigakan.

Selain bisa mengindentifikasi nomor telepon masuk, aplikasi True Caller bisa melacak profil orang yang sedang melihat nomormu. Aplikasi True Caller ini bisa kamu dapatkan dengan mengunduh secara cuma-cuma di Play store dan App store.

3. Aplikasi Whoscall

Kamu bisa mengindentifikasi panggilan yang masuk tanpa harus menggunakan akses internet, dengan menggunakan aplikasi Whoscall ini.

Macam-macam fitur yang bisa kamu pakai secara mudah, ada fitur panggilan mengganggu yang ada di robot call, fitur telemarketing, fitur penipuan, situr spam, dan fitur lainya yang bisa mengetahui siapa pemilik nomor yang menelepon.

Baca juga: Cara mudah membersihkan daki dan bebas dari noda hitam

4. Aplikasi CallApp

Aplikasi ini memiliki kelebihan dibanding aplikasi lainya yang mana aplikasi ini bisa ditautkan ke profil jaringan sosial yang kamu miliki.

Kamu bisa memakai aplikasi ini untuk mengakses teman agar bisa di hubungi melalui skype, membuat pesan, ngobrol lewat facebook, bahkan mengirimkan tweet dan membagikannya dengan aplikasi ini jadi serbaguna dan bisa menjagkau semua media sosial.

Selain itu aplikasi ini juga bisa memblokir nomor telepon yang tidak kamu kenal yang berpotensi melakukan kejahatan, jadi mau gimanapun nomor yang sudah di blokir tidak bisa mengubungi kamu dengan cara apapun.

5. Aplikasi Showcaller

Aplikasi ini punya keunggulan tersendiri yang berasar dari aplikasi caller id yang lainya. Nah, aplikasi ini mampu merekam percakapan telepon jadi bisa kamu simpan dan bisa kamu pakai untuk melaporkan kejahatan.

Kamu tidak usah ragu lagi dengan aplikasi ini, sebab sudah di percaya oleh banyak orang buktinya sudah diunduh lebih darui 50 juta orang pengguna di seluruh dunia.

Selain hal itu, aplikasi ini bisa mengecek serta mengidentifikasi nomor telepon yang masuk dan untuk melakukannya kamu perlu menjadi anggota premium agar pengecekan nomor tidak terbatas.

6. Aplikasi Hiya

Aplikasi yang satu ini memiliki keunggulan yaitu diberikannya proteksi anti virus serta security yang berguna untuk menghindari nomor-nomor yang tidak kamu kenal. Kelebihan dari aplikasi ini adalah bisa melakukan tindakan scamming, jadi nomor yang masuk dan mencurigakan bisa langsung terblokir secara otomatis.

Selain kelebihan tadi, aplikasi ini juga bisa mengindentifikasi telepon masuk dengan nomor yang tidak kamu kenal seperti aplikasi yang lainnya.

7. Aplikasi Sync.me

Aplikasi ini sangatlah berbeda, sync.me ini bisa jadi pilihan terbaikmu. Pasalnya aplikasi ini mampu memberi tahukan kalo ada panggilan ataupun sms yang berbahaya secara otomatis.

Setelah mendaftar dan memiliki akun, kamu bisa langsung melaporkannya nomor-nomor yang mencurigakan ke dalam aplikasi ini dengan cara memasukannya ke daftar hitam.

Cara ini berguna sekali karena bermanfaat juga untuk orang lain agar saling meningkatkan kewaspadaan dalam menerima telepon dari orang yang mencurigakan.

8. Mengunjungi Situs Kredibel.co.id

Kalo sebelumnya untuk mengindentifikasi harus menggunakan aplikasi, sekarang kamu bisa mengecek nomor telepon mencurigakan dengan masuk kedalam situs kredibel.co.id dengan memakai fitur cek telepon.

Nah, fitur ini bisa mengindentifikasi jika ada sesorang yang berpotensi melakukan tindakan kejahatan atau mencurigakan, dengan cara mengecek nomor sebelum kamu berbelanja online.

Situs ini memang benar-benar kredibel saat dipakai oleh orang-orang yang ingin berbelanja online, karena banyaknya keluhan serta pelaporan pengguna lainya. Pada januari 2018, situs ini sudah memberikan manfaat bagi 4  juta pengguna yang akan melakukan transaksi online dan terhindar dari penipuan.

9. Aplikasi Whatsapp

Aplikasi yang satu ini pastinya setiap orang tau dan sudah mengunduhnya, tanpa kita simpan nomor telepon yang masuk sudah bisa mengetahui siapa yang melakukan panggilan atau mengirimkan pesan ke kita. Caranya dengan membuka profile nomor tersebut di Whatsapp dan akan melihat nama dan nomor telepon yang tertera.

Kalo kedapatan nomor tidak dikenal, untuk menghindari kecurigaan alangkah baiknya kamu bertanya maksud dari menghubungimu terlebih dahulu. Kalo memang nomor spam bisa langsung kamu blokir nomor tersebut.

Setelah kita mengetahui bagai mana cara mengecek nomor telepon yang tidak kita kenal, sekarang kamu bisa lebih berhati-hati saat menerima panggilan telepon dari orang-orang yang tidak kamu kenal agar tehindar dari hal yang tidak diinginkan.

Jika kamu menerima panggilan dari nomor spam, kamu tinggal memblokirnya dengan menggunakan aplikasi yang di atas, serta menggunakan fitur-fitur dari masing-masing aplikasi tersebut.

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar