f Gerakan Sedakah Subuh, Doa dan Niat - BZF Post | Berbagi Tips, Inspirasi, dan Mengedukasi Untuk Sehari-hari

Gerakan Sedakah Subuh, Doa dan Niat

Sedekah subuh merupakan ibadah yang sangat di anjurkan dan yang utama. Berikut adalah cara berdoa dan niat dalam bersedekah di waktu subuh.

Gerakan sedekah subuh fadhilah hadist doa dan niat

Kita sebagai umat muslim dianjurkan taat dalam beribadah salah satunya adalah bersedekah. Sedekah merupakan amalan ibadah seorang muslim untuk mencapai ketaatanya dalam menjalankan amalan ibadah. Sedekah banyak dilakukan di waktu- waktu manapun, salah satunya bersedekah di waktu subuh. Sedekah subuh adalah sedekah yang dilakukan sebelum waktu matahari terbit, di riwayatkan di waktu tersebut ada yang malaikat turun ke bumi dan mendoakan untuk orang gemar melakukan amalan sedekah subuh.

Maka dari itu seseorang yang bersedekah di waktu matahari belum terbit akan didoakan oleh malaikat agar hajat atau keinginannya di kabulkan. Selain untuk meringankan beban orang lain, sedekah subuh juga banyak kutamaannya, loh!

Dari rutinitas amalan subuh yang sering dilakukan akan mampu menggugurkan dosa-dosa, dan di ijabahnya sebuah doa. Selain itu amalan sedekah subuh ini juga sangat dianjurkan untuk wanita yang sedang haid atau dalam keadaan belum bisa menuaikan ibadah wajib.

Dahsyatnya Sedekah Subuh

Mengenai soal bersedekah, umat muslim tidak membatasi waktu-waktu untuk bersedekah. Melainkan sangat dianjurkan untuk memberikan sebagian rezeki yang sudah kita peroleh. Di waktu lapang dan sempit pun sanagat sarankan tetap bersedekah walau hanya dengan senyuman sekalipun atau menyingkirkan duri dari jalanan, itu sudah termasuk sedekah, dan sedekah merupakan dari bagian ibadah.

Tetapi dari waktu-waktu yang diperbolehkan untuk bersedekah, subuh adalah waktu yang sangat sitimewa. Subuh sebelum matahari terbit adalah waktu pergantian malam ke pagi. Agar lebih memahami informasi seputar sedekah subuh ini, ulas terus artikel berikut, ya!

Hadist Sedekah Subuh

Keutaman utama sedekah subuh adalah akan ada 2 malaikat yang turun untuk mendoakan kebaikan bagi siapa yang berbuat atau melaksanakan amalan subuh. Karena hal ini sesuai dengan hadist sedekah subuh yang berbunyi:

“Tidak ada satu Subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’. Sedangkan yang satunya lagi berdoa, ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadist tersebut bisa disimpulkan bahwa seseorang yang melakukan sedekah diwaktu subuh akan memperoleh manfaat seperti didoakan kebaikan langsung oleh malaikat. Maka dari itu rutinlah dalam menjalankan amalan subuh ini, justru Allah subhanahu wa ta'ala akan melipat gandakan sedekah itu berupa pahala di akhirat kelak.

Fadhilah Gerakan Sedekah Subuh

Dalam hadist Rasulullah salawlah hualaihi wasallam pernah mengatakan, kalo ada yang ingin cepat terkabulnya doa-doa maka bantulah sesama. Salah satunya adalah amalan sedekah subuh yang mana ini akan meringankan beban orang lain. Hadist itu berbunyi dalam artinya:

“Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain.” (HR. Ahmad).

Bagi kita umat muslim sangat di sarankan untuk beramal atau sedekah dalam keadaan hati yang ikhlas serta tidak mengharapkan apapun kecuali ridho Allah subhanahu wa ta'ala saja, agar mendapatkan ketenagan hati, dan dapat meredam murka Allah subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Tata cara menuaikan ibadah shalat sunah dhuha, berikut niat dan doa.

Saat ini sangat mudah dalam menjalankan amalan ibadah sedekah subuh, sekarang ini kamu bahkan tidak perlu keluar rumah. Dalam kemajuan teknologi sekarang ini mampu untuk melakukan apapun didalam rumah, termasuk sedekah subuh. Kamu bisa bersedekah secara online dengan situs dan aplikasi tertentu, atau pilih donasi online lainya yang sudah terpercaya.

Cara Bersedekah Subuh

Berikut dibawah ini adalah cara-cara yang mudah untuk dilakukan dalam menjalankan amalan sedekah subuh, yang terpenting adalah niatnya dan kamu bisa melakukan amalan subuh ini setelah shalat subuh. Berikut adalah caranya:

  • Buatlah kotak amal pribadi milik kamu sendiri: Kamu cukup siapkan kotak amal sederhana dan kamu letakan didalam rumah kamu, kemudian setelah selesai shalat subuh kamu masukan nominal uang berapapun namun rutin setiap hari, dan setelah penuh terisi barulah kamu setorkan ke pihak yang lebih membutuhkan.
  • Sedekah subuh mudah melalui rekening transfer: Cara ini sangatlah mudah untuk dilakukan dengan kemajuan teknologi sekarang ini, sudah banyak penyedia aplikasi untuk donasi amal secara online. Kamu bisa pilih aplikasi yang terpercaya lalu kamu donasikan melalui rekening yang ada didalamnya.
  • Memberikan bantuan di waktu subuh: Memberikan secara langsung bantuan kepada yang membutuhkan sebelum matahari terbit, seperti: Para korban bencana alam, anak yatim dan piatu, janda, fakir miskin, atau tetangga saudara dan kerabat yang sedang membutuhkan bantuan. Kegiatan ini akan sangat bermanfaat sekali dalam meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuhkan. Kamu juga bisa menyalurkan sedekah ke pondok pesantren tahfidz itu akan menjadikan amalan zariah.

Doa dan Niat Bacaan Sedekah Subuh

Setelah sudah paham akan manfaat dari sedekah subuh, sekarang kamu harus tau doa atau niat dalam menuaikan sedekah subuh. Dalam membaca niat akan melengkapi sedekah subuh kita dan bacalah niat dari hati yang ikhlas, ya!

“Nawaitut taqoruba ilallahi ta’ala wattiqoaa ghadlabir rabbi jalla jalaluhu wattiqoa nari jahannama wattarakhkhuma ‘ala ikhwani wa shilatur rahimi wa mu’awanatadh dlu’afai wa mutaba’atan nabiyyi shallallahu ‘alaihi wa sallama wa idkholas sururi ‘alal ikhwani wa daf’il balai ‘anhu wa ‘an sairil muslimina wal infaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.”

Artinya: “Aku niat (bersedekah) untuk mendekatkan diri kepada Allah, menghindari murka Tuhan, menghindari api neraka jahanam, berbelas kasih kepada saudara dan menyambung silaturahmi, membantu orang-orang yang lemah, mengikuti Nabi SAW, memasukkan kebahagiaan pada saudara, menolak turunnya dari mereka dan semua kaum muslimin, menafkahkan rezeki yang diberikan oleh Allah, dan untuk mengalahkan nafsu dan setan.”

Selanjutnya, bacalah doa setelah bersedekah:

“Rabbana taqabbal minna innaka antas sami’ul alim.” Artinya: “Ya Tuhan kami, terimalah amalan kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Itulah beberapa keutamaan dalam menjalankan amalan sedekah subuh, selalu istiqomahkan niat untuk Allah ta’ala saja berharap Rhido-Nya.

Terbaru Lebih lama

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar