9 Cara Agar Allah Mengampuni Dosa Kita

Cara Agar Dosa Dapat Diampuni Allah SWT

Manusia memang tempatnya salah dan dosa, bukan berarti kita tidak bisa berubah menjadi manusia dengan pribadi yang lebih baik. Berbagai kesalahan serta dosa-dosa yang pernah kita buat bisa Allah ampuni jika memang kita bersungguh-sungguh dalam meminta ampunan-Nya. Dengan bertaubat dosa kecil maupun besar akan di amuni Allah jika benar bersungguh-sungguh.

Dalam firman-Nya Allah SWT telah berfirman di dalam Surat Al-Baqarah di ayat 222 yang artinya, “ Allah menyukai orang yang bertaubat dan menyukai orang yang menyucikan diri ”.

Dosa serta salah adalah suatu hal yang tidak bisa di hindari oleh setiap manusia. Tetepai itu semua bisa kita cegah dengan selalu mengingat bahwasanya kita selalu diawasi oleh Allah SWT.

Cara Agar Dosa Dapat Diampuni Allah SWT

Allah lah yang memiliki Dzat yang Maha Pengampun dan lagi Maha Penyayang serta Maha Pengampun bagi setiap manusia yang melakukan kesalahan dan memiliki dosa. Begitu besar kasih sayang yang Allah berikan kepada hamba-hambanya, sebesar apapu dosa yang di lakukan teteplah Allah akan mengampuni jika mau bertaubat dengan sungguh-sungguh.

Ada beberapa cara agar mendapat ampunan dari Allah SWT, berikut Bzf Post telah merangkumnya. Simak sampai habis ya!

1. Dengan Mengerjakan Perintah-Nya serta Meniggalkan Semua Larangan-Nya

Sebagai manusia yang beragama muslim wajib kita melakukan semua yang di perintah AllagSWT serta meninggalkan larangan-larangan-Nya. Semua Kewajiban yang harus di laksanakan adalah isi dari pendoman yaitu pada rukun Iman serta rukun Islam.

Dengan cara menyakini dalam hati dan melaksanakan kewajiban dengan sungguh-sungguh, serta mencuapkan dengan kata lisan dan dengan cara mengamalkannya didalam amalan perbuatan sehari-hari.

Dengan memulai mengimani dan menyakini bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Esa yang menciptakan segala sesuatu di dunia ini, Iman kepada Malaikat, Iman kepada Kitap Allah, Iman kepada Nabi dan Rasul, Iman kepada hari Akhir Kiamat, serta Iman kepada Qada dan Qadhar.

Selain itu, kita juga di wajibkan dalam mengerjakan apa-apa yang sudah menjadi rukun Islam. Yaitu, mengucapkan dua kalimat syahadat, melaksanakan sholat, berpuasa di bulan Ramadhan, melakukan Zakat, serta menunaikan ibadah Haji bagi yang mampu.

Berbagai tindakan serta kewajiban diatas haruslah kita melaksanakannya dengan hati yang ikhlas karena Allah ta’ala. Maka jika kita mengimani serta menuaikan semua perintah dan menjauhi semua larangan-Nya Insya Allah, Allah Akan mengapuni dosa-dosa kita.

2. Rajin-rajinlah Beristighfar

Beristighfar memiliki arti bahwa Aku Sedang Memahon Ampunan Kepada Allah SWT. Diberitahukan mengenai orang-orang yang beristighfar memohon ampun kepada Allah atas segala dosa-dosa dan kesalhan yang pernah dilakukannya, maka Zat yang Maha pengasih lagi Maha Pengampun Allah SWT akan mengampuni hambanya itu.

Jika memang hambanya tidak akan melakukan perbuatan dosanya kembali yang pernah dilakukannya karena sudah melakukan taubat, maka Allah SWT akan menjaminkan surga bagi hambanya.

Bagi setiap manusia yang pernah melakukan kesalahan dan dosa dan kemudian sadar, maka yang dirasakan adalah rasa yang begitu menyesal dan segera meminta ampunan kepada Allah SWT. Barang siapa yang meminta ampunan-Nya dengan sungguh-sungguh maka Allah juga akan memberikan ampunan kepada hambanya.

Allah Maha Penyayang lagi Maha Pengasih jadi seberapa besar hambanya bedosa Allah akan tetap mengampuni dosa-dosa hambanya. Jika sepanjang hambanya mau terus istighfat serta sungguh-sunggu bertaubat, ampunan Allah SWT akan terus selalu ada.

3. Berusaha Hijrah

Berhijrah yaitu merubah pribadi kita yang tadinya kurang baik menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Saat kita tau arah kita salah dan melanggar ketentuan Allah maka disitu kita harus berusaha untuk mengubah diri ke arah yang di Ridhoi-Nya.

Allah menyukai orang-orang yang mau berhijrah untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan begitu Allah akan mengampuni dosa-dosanya dan memberikan jalan yang lebih baik untuknya.

4. Rajin Dalam Bersedekah

Memberi atau bersedekah kepada kerabat atau keluarga bahkan ke pada fakir miskin lainya akan menjadi amalan yang mampu menghapuskan dosa-dosa. Tentu saja ini harus diimbangi dengan hati yang ikhlas serta mengharap Ridho Allah SWT.

Didalam Al-kitap Al-Qur’an diterangkan bahwasanya bagi setiap orang yang melaksanakan sedekah dengan cara sembunyi-sembunyi adalah yang paling baik. Kamu harus tau manfaat sedekah itu sangat banyak sekali salah satunya menggugurkan dosa.

Allah Maha Mengetahui apa-apa saja yang dikerjakan hamba-Nya jadi jika sedang sedekah tidak usah dipamerkan kemana-mana. Rajinlah sedekah agar Allah Ridho sehingga dosa-dosa akan diampuni.

5. Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Allah memiliki Dzat Maha Pengampun, jika Allah saja Maha Pengampun kita sebagai manusia patut untuk memafkan kesalahan orang lain kepada kita.

Diantara hamba-hamba-Nya yang diampuni oleh Allah SWT yaitu orang-orang yang baik disaat dia susah ataupun sedang senang, seseorang yang mengerjakan kebajikan, dan seseorang yang mau memberikan maaf kepada orang lain.

6. Melakukan Sedekah Dengan Cara Lemah Lembut.

Untuk memberikan sedekah kepada orang lain haruslah dengan adab cara yang baik. Jika sedang bersedah lakukan dengan cara yang lembut serta tidak menyinggung perasaanya. Kalo dilakukan dengan cara menyakiti serta mempalingkan wajah, itu sama saja Allah tidak menyukai hal tersbut.

7. Memberikan Senyum Kebaikan

Dikatakan jika memberikan senyuman itu adalah suatu bentuk dari ibadah. Maka Allah juga akan mengampuni dosa dari hamba-Nya yang memberikan senyum kebaikan kepada orang lain.

Baca juga: Jauhi sifat iri dan hasad jika ingin masuk surga

8. Jika Memberi Jangan Harap Imbalan

Jika memberi sesuatu atau menolong seseorang harus didasari dengan hati yang ikhlas. Jangan sekali-kali mengharapkan imbalan apapun ketika sesorang meminta tolong kepada kita dan saat kita memberi sesuatu. Bagi seseorang yang melakukan kebaikan dengan ikhlas maka akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

9. Selalu Berbuat Kebajikan

Dengan melakukan perbuatan baik itu adalah salah satu dari cara untuk menggugurkan dosa-dosa. Ada banyak sekali cara berbuat baik agar bisa menghapus dosa.

Yaitu seperti memberikan bantuan terhadap orang lain yang sedang kesusahan, berbakti kepada orang tua, jujur setiap dalam tindakan, memberi makan orang fakir, dan banyak hal lainya. Melakukan hal baik dalam kehidupan tidak hanya membuat hati seseoarang senang tetapi juga bisa mendapatkan ampunan Allah SWT.

Nah, itu dia tentang bagaiman cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan ampunan Allah SWT. Segera mintalah ampun saat kita menyadari berbuat salah. Seringlah meminta ampun disaat sehabis sholat dengan beristighfar serta berbuat kebaikan kepada sesama. Jangan menunda-nunda untuk memohon ampunan-Nya karena Allah sangatlah sayang kepada kita.

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar