10 Mainan Pilihan Yang Edukatif Untuk Anak Balita

mainan anak yang mengedukatif

Ketahui sejak dini mainan rekomendasi pilihan untuk anak yang tak hanya membuat anak senang tetapi juga bisa mengedukasi si anak. Saat hendak membeli mainan anak balita, perhatikan juga unsur kebaikan apa yang bisa di berikan kepada anak melalui mainan tersebut.

Di saat anak tumbuh pada usia prasekolah tetapi keseriusan dalam belajar memanglah belum benar-benar serius, meskipun masih kecil namun ia selalu ingin mempelajari banyak hal sambil bermain. Layaknya orang yang lebih dewasa dari usianya, anak balita juga senang belajar seperti mengenal huruf dan angka, itu bisa melatih sistem kemampuan motoriknya, serta meningkatkan daya imajinasinya.

Nah, jadi seperti apa mainan yang bisa mengedukasi anak sambil bermain? Anda bisa mencari mainan yang memiliki fungsi edukasinya semisal bisa mengasah kemampuan motoriknya, atau mainan yang bisa memperkenalkan nama hewan. Beberapa mainan bahkan sudah ada yang bagus dalam mengedukasi anak seperti mampu memecahan masalah serta mampu mengasah daya ingat si anak.

Saat anak bermain pastinya sering menjatuhkan dan melemparkan mainan tersebut, jadi pilihlah mainan yang terbuat dari plastik dan kokoh agar aman saat di mainkan untuk anak. Jadi pilih mainan yang mau seperti apa nih? Nah, kali ini Bzf Post sudah merangkum mainan yang bisa mengedukasi anak, jadi kamu tinggal pilih yang cocok untuk anak Anda mainkan.

1. Mainan Anak Balok Kayu

Mainan Anak Balok Kayu

Mainan dengan bentuk balok atau persegi ada juga segitiga yang terbuat dari bahan kayu yang kuat dan ringan ini, cocok sekali untuk anak balita yang sedang senang bermain membangun sesuatu. Mainan balok kayu ini tidak hanya kuat tetapi juga mengedukasi, mampu mengasah imajinasi serta meningkatkan kreativitas anak. Selain itu, mainan balok kayu ini juga bisa mengenal bentuk, warna, dan bisa berhitung.

2. Mainan Edukatif Anak Lego

mainan edukatif anak lego

Sebaiknya untuk memperkenalkan mainan lego ini saat anak sudah mulai usia 3 tahun. Sama dengan mainan anak balok kayu yang mampu mengedukasi anak melalui bentuk, warna, dan berhitung, mainan lego ini juga bisa mengedukasi anak seperti bentuk, membangun, mengenal pola, warna, serta dapat berhitung dengan mainan lego ini loh!

3. Bermain Peran Yang Bisa Mangasah Imajinasi Anak

Bermain Peran Yang Bisa Mangasah Imajinasi Anak

Bermain peran adalah permainan yang mengharuskan anak menjadi seseorang atau karakter tertentu seperti badut, atau hewan kelinci, ayam dan lainya. Bermain peran ini tidak harus memakai seragam dan tidak juga harus dandan, kamu bisa dapatkan mainan topeng yang berbentuk karakter seakan-akan anak menjadi orang lain atau ber akting seperti pada topeng tersebut.

Bermain peran atau sering di sebut dandan-dandannan ini bisa memeberikan efek yang positif bagi anak seperti mengasah imajinasi dan kreativitas anak. Nah, siapa duga nanti besar akan memiliki bakat akting.

4. Mainan Edukastif Anak Dengan Puzzel

Mainan Edukastif Anak Dengan Puzzel

Mainan puzel ini biasanya memang rumit, tapi untuk anak usia 3 tahun sudah ada mainan puzzel yang cocok untu anak Anda. Puzzel ini biasanya berupa gambar karakter yang mengaruskan si anak untuk menggabungkan potongan puzzel dengan potongan lainya agar berbentuk karatker yang ada. Ini akan sangat bagus bagi anak karena mampu menagasah daya ingat dan kemampuannya memecahkan masalah.

5. Mainan Edukatif Anak Dengan Masak-masakan

Mainan Edukatif Anak Dengan Masak-masakan

Jika anak Anda perempuan, bisa ajak anak Anda untk sesekali ke dapur menemani Anda memasak, itu akan memberi anak pengetahuan tentang memasak walau hanya sebatas tidak serius. Untuk menyalurkannya Anda bisa membelikannya mainan anak seperti masak-masakan, atau dapur-dapuran yang sudah lengkap dengan peralatan masaknya.

Dengan bermain masak-masakan ini anak akan terasah daya otak mereka seperti kreatifitas, dan mengetahui jenis alat-alat masak.

6. Mainan Anak Boneka tangan ( puppets )

Mainan anak yang mengedukatif lainya yaitu pappets atau boneka tangan. Boneka tangan ini bisa di pakai untuk anak bermain peran, kamu bisa memberikan ajakan bermain yang edukatif tanpa membosankan si anak.

7. Mainan Anak Play-Doh

Membuat anak bermain sampai betah itu akan mengasikan, apa lagi mainannya yang mengedukasi si anak. Mainan play-doh atau mainan lilin berbentuk akan membuat asik bermain berjam-jam karena asik bermain play-doh. Mainan ini akan membuat anak berimajinasi dan berkreativitas. Mainan ini sangatlah aman untuk di mainkan oleh anak dan non-toxic.

8. Mainan Anak Magnet Huruf

Mainan anak yang berbentuk huruf dan terdapat mangnet di dalamnya. Kamu bisa memperkenalkan huruf-huruf kepada anak Anda dengan menggunakan magnet huruf ini. Kamu bisa mengajari anak membuat huruf sederhana dengan cara menempelkannya di lemari es agar kamu bisa mengajai anak belajar mengeja huruf dengan mudah.

9. Mainan Anak Balance Bike atau Sepeda Roda Tiga

Pada usia anak yang masih balita pastinya sedang aktif-aktifnya ya! Nah, kamu bisa coba mainan balance bike atau sepeda roda tiga untuk bermain anak dalam rangka menyalurkan energig nya yang seolah-olah tiada hentinya karena aktif. Bermain di luar sangatlah bagus untuk perkembangan fisiknya, kamu bisa membelikannya sepeda roda tiga untuk bermain anak di luar.

10. Mainan Anak Tablet Edukasi

Saat anak masih balita Anda bisa memperkenalkan anak pada tablet asalkan tidak berlebihan dalam memberikan waktunya dan masih di dampingi saat pemakaiannya. Kamu bisa memberikan si kecil mainan tablet yang mengedukasi seperti mengenal huruf, angak, warna, bahkan musik piano yang ada di dalam tablet tersebut.

Nah, itu dia 10 mainan anak yang bisa mengedukasi untuk anak Anda. Masih banyak lainya yang bisa Anda bisa cari, mainan yang bisa mengedukasi anak. Kamu bisa mengajari anak menggambar dengan membelikannya buku gambar dan pensil warna itu sudah sangat baik untuk daya imajinasinya serta kreativitasnya.

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar