Manfaat Dari Ikan Lele Yang Banyak Mengandung Gizi

Manfaat dari ikan lele bagi kesehatan tubuh kita, lauk enak dengan kandungan omega-3, yang dapat mencegah anemia serta meningkatkan fungi daya otak.

Manfaat Dari Ikan Lele Yang Banyak Mengandung Gizi

Di indonesia ikan lele paling banyak di budidayakan oleh masyarakatnya. Selain itu ikan yang memiliki kumis ini sangat populer loh di dalam menu masakan seperti pecel lele, pecel lele biasanya di santap dengan lalapan lengkap serta tambahan sambal.

Ikan lele yang kaya akan gizi ini mudah untuk di temukan, karena rasanya yang enak dan lezat, makanan ini menjadi favorit kalangan masyarkat karena rasanya yang enak tapi juga harganya yang terjangkau. Lele banyak di minati para anak-anak sampai orang dewasa, karena banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Nah, bagi kamu yang menyukai makanan ikan lele patut berbangga, karena iklan lele ini banyak manfaatnya bagi kesehatan, apa saja selain itu? Bzf post telah merangkum beberapa manfaat dari ikan lele ini, yuk simak!

Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Ikan Lele

Ikan lele yang memiliki teksture daging yang lembut, ternyata menyimpan banyak sekali manfaat bagi tubuh. Nah, salah satunya memilliki gizi yang banyak, sayang sekali jika tidak mengkonsumsinya karena kaya akan omega-3.

Di dalam 100 gram ikan lele terdapat banyak nutrisi seperti :

  • Protein: 16.38 gram
  • Lemak: 2.8 gram
  • Kolesterol: 58 Miligram
  • Natrium: 43 gram
  • Vitamin D: 12.5 Mikrogram
  • Kalsium: 14 Miligram
  • Zat besi: 0.3 Miligram
  • Kalium: 358 Miligram
  • Fosfor: 209 Miligram
  • Vitamin B1: 0.21 Miligram
  • Vitamin B2: 0.072 Miligram
  • Vitamin B3: 1.093 Miligram
  • Vitamin B12: 2.23 Microgram

Ikan lele bisa menjadi salah satu sumber makanan yang kaya kan sumber protein, nutrisi, dan rendah kalori. Ikan lele ini teryata memiliki banyak sekalai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Dari Ikan Lele Bagi Kesehatan

1. Banyak Mengandung Omega-3

Ikan lele ini menjadi salah satu makanan yang memiliki asam lemak omega-3, maka dari itu memakan ikan lele akan memberikan manfaat dalam menurunkan resiko terkena penyakit kronis.

Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan lele mampu menurunkan resiko penyakit jantung, dan mampu membantu dalam mengurangi kondisi peradangan seperti radang rheumatoid artritis.

2. Mengkonsumsi Ikaln Lele Dapat Menambah Kekebalan Tubuh

Kalo kamu orang yang gampang sakit, lebih baik makanlah ikan lele secara rutin. Ikan lele banyak mengandung protein yang tinggi yang mampu memberikan manfaat penambah daya tahan tubuh imun kita.

Jika kamu memiliki imun yang kuat maka kamu akan mampu melawan serangan dari virus, bakteri, dan parasit. Maka tubuh jadi tidak mudah sakit.

Protein yang terdapat pada ikan lele sangat berperan penting untuk sel-sel tubuh, yang mampu membantu proses penyembuhan luka.

3. Mampu Memperbaiki Jaringan Otot

Menurut penelitian dari National Institutes of Health mengemukakan bahwa, satu ikan lele 100 gram terdapat sekitar 32 – 39 % protein yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Dengan sumber protein ini dapat memproses pembangunan jaringan otot serta mampu memperbaiki jaringan otot yang rusak.

Selain berkhasiat memperbaiki jaringan otot, ikan lele juga bisa menyusun enzim, hormon, serta molekul yang lainya.

4. Mampu Mencegah Anemia

Tubuh juga memerlukan vitamin B12 sebagai penjegah anemia, tubuh memiliki 2 cara untuk menyerap vitamin B12, yang pertama dengan asam klorida yang ada di perut dengan memisahkan vitamin B12 dari sumber protein yang ada dalam makanan.

Lalu yang kedua bergabungnya vitamin B12 dengan protein yang lembut, itu disebut faktor interinsik dan kemudian di serap oleh tubuh.

Kemudian vitamin B12 akan di manfaatkan oleh tubuh untuk membantun pembentukan sel DNA, dengan begitu menjadi makanan sel darah, dan mudah untuk membuat sel darah merah menjadi normal.

Maka dari itu jika mengkonsumsi ikan lele mampu mencegah datangnya anemia megaloblastik, jadi tubuhmu tidak akan menjadi cepat capek dan lemah.

5. Ikaln Lele Dapat Menjaga Kesehatan Otak

Jika mengalami peradangan pada otak maka akan beresiko mengalami penyakit Alzheimer, yaitu penyakit yang akan menyerang sistem otak sehingga akan mengalami penurunan berfikir serta bersosialisasi.

Supaya keadaan tidak semakin parah lebih baik di cegah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan antiradang seperti pada kandungan ikan lele yang memiliki khasiat antiradang. Berkat kandungan yang terdapat pada ikan lele seperti asam lemak omega-3 ini akan meningkatkan kesehatan otak.

6. Iklan Lele Rendah Merkuri

Zat merkuri adalah jenis logam berat yang berasal dari buangan limbah pabrik yang bisa menempel pada tubuh ikan. Nah, ikan lele ini teryata rendah kandungan merkuri, jadi aman untuk di konsumsi bagi ibu hamil jika dengan porsi yang tepat. Jika ibu hamil terlalu banyak memakan ikan yang mengandung banyak merkuri maka akan berdampak buruk bagi kesehatan sang bayi.

7. Mampu Meningkatkan Kesehatan Tulang

Terdapat mineral yang tinggi pada ikan lele seperti fosfor, yang sangat baik dalam meningkatkan kesehatan tulang pada janin dan pada ibu hamil. Ikan lele juga memiliki kandungan vitamin D yang berguna untuk vitamin tulang karena akan membantu dalam meyerap kalsium.

Baca juga: Mengenal berbagai masakan gudeg yang ada di Yogyakarta

8. Mengkonsumsi Ikan Lele Mampu Menurunkan Resiko Stroke

Penyakit stroke adalah penyakit berbahya yaitu penyakit yang di sebabkan oleh kurangnya asupan darah ke dalam otak. Nah, dengan adanya kalium yang ada pada ikan lele akan berdampak memberikan manfaat untuk menurunkan resiko stroke.

Kandungan kalium pada ikan lele mampu menjaga kesehatan otot dan saraf sekaligus jaringan pembuluh darah, jadi akan mampu menurunkan resiko store. Jika tubuh tercukupi asupan kaliumnya, maka tubuh juga akan meminimalisir terjadinya stroke.

9. Mengkonsumsi Ikan Lele Mampu Menjaga Berat Badan Yang Lebih Ideal

Ikan lele memiliki khasiat yang baik bagi tubuh, ikaln lele juga ikan yang rendah kalori, jadi kamu bisa menghindari makanan yang banyak kalori dengan memakan ikan lele.

Ikan lele memmiliki zat gizi yang baik bagi tubuh tapi juga memiliki kalori yang rendah, jadi kamu bisa menjaga berat badan kamu lebih ideal tanpu takut banyak makan asupan kalori.

10. Memakan Ikan Lele Mampu Menyehatkan Mata

Kalo kamu sering dan teratur mengkonsumsi ikan lele yang terdapat omega-3 nya maka akan membantu menjaga mata agar tetap sehat dan cerah. Tak hanya itu mengkonsumsi ikan lele secara teratur juga kan menlindungi bagi penderita degenerasi maluka yang terkait usia ( AMD ). Kondisi dimana retina merosot yang mengakibatkan penglihatan menjadi kabur.

11. Mampu Mengurangi Gejala Depresi

Jika mengalami depresi berbarti sedang mengalami gangguan suasana hati yang biasanya di tandai dengan marah dan sedih yang terjadi waktu yang lama. Kamu harus tau kalo mengkonsumsi ikan lele mampu mengurangi gejala depresi loh!

Di sebuah penelitian menerangkan bahwa omega-3 yang terdapat pada ikan lele dapar membantu mengobati kondisi neurologis serta mental, termasuk juga kehilangan ingatan, definisit prehatian, gangguan hiperaktif, serta depresi.

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar