f Resep Lauk Semur Telur Yang Lezat dan Gurih Ala Rumahan - BZF Post | Berbagi Tips, Inspirasi, dan Mengedukasi Untuk Sehari-hari

Resep Lauk Semur Telur Yang Lezat dan Gurih Ala Rumahan

resep masakan semur telur puyuh kecap

Apa kamu lagi cari resep menu yang sederhana tapi lezat ala rumahaan? Nah, pas banget nih Bzf Post ada resep makanan yang enak untuk kamu dan keluarga yaitu, resep manan semur telur yang lezat ala rumahan.

Lagi makan tapi males itu itu aja? Engga usah khawatir deh, aku punya resep makanan sederhana tapi uenak banget. Semur telur sederhana! Hidangan ini sudah pasti bikin kamu ketagihan karena rasanya yang lezat!

Gimana engga ketagihan! Kalo resep makanan ini rasanya yang nikmat dan gurih, kamu hanya memerlukan bahan telur sebagai bahan utamanya, makanan ini sangat sehat untuk dimakan loh!

Karena, telur mengandung vitamin, mineral, nutrisi, antioksidan, dan lemak yang sehat yang mana ini dibutuhkan untuk tubuh. Telur juga banyak menganduk protein, dari satu butir telur kamu bisa memperoleh protein sebanyak enam gram.

Resep Semur Terlur Yang Gurih Ala Rumahan

Masakan semur telur ini dimaksak menggunakan bahan rempah-rempah yang alami serta ditambah dengan kecap manis sehingga menjadikan masakan ini terkenal dengan rasanya yang manis dan gurih.

Dari pada kamu hanya menggoreng telur saja, lebih baik kamu coba resep masakan ala rumahan ini. Untuk membuat resep masakan semur telur ini mari kita simak sampai selesai ya!

1. Resep Masakan Semur Tahu & Telur

resep masakan semur telur dan tahu kecap

Kalo kamu nih, yang doyan makan tahu, kamu bisa menambahkan tahu kedalam resep semur telur ini. Kalo cara buatnya sangatlah mudah, berikut ini adalah bahan-bahan yang harus disiapkan, serta langkah-langkah yang harus kamu praktekkan:

Bahan-bahan Untuk Membuat Semur Tahu Telur

  • 5 butir telur rebus yang sudah dikupas
  • 4 pcs tahu yang sudah digoreng
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai yang sudah digeprek
  • 1 lengkuas yang sudah digeprek
  • 1 sendok makan gula merah

Siapkan Bumbu Halusnya:

  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • Pakai lada bubuk secukupnya sesuai selera

Tambahkan Bahan Pelengkap Lainya:

  • Kecap manis
  • Kecap asin
  • Gula pasir
  • Penyedap rasa

Cara Memasak Semur Tahu Telur:

Mula-mula, siapkan terlebih dahulu bahan serta bumbu halusnya.

Kemudian, campurkan lalu tumis semua bumbu halusnya.

Lalu, pala bubuk, daun salam, serai, dan lengkuas masukan kecampuran bumbu halus yang tadi kemudian masak hingga harum.

Setelah itu, tuangkan kedalam tumisan tadi air serta gula merahnya.

Masak hingga mendidih, lalu masukan tahu serta telur yang sudah dikupas tadi kedalam tumisan, kemudian tambahkan kecap manis, kecap asin, serta gula pasir, kemudian tambahkan penyedap rasa agar lebih gurih.

Tunggu sampai air menyusut sehingga bumbu akan meresap semua ke dalam.

Semur tahu telur bisa disajikan dengan tambahan taburan bawang goreng untuk rasa yang lebih lezat.

Baca juga: Manfaat Dari Ikan Bandeng: Mengandung Banyak Protein Yang Baik Untuk Tubuh

2. Resem Masakan Semur Telur Puyuh

resep masakan semur telur puyuh kecap

Resep masakan semur telur puyuh ini dijamin bisa bikin kamu ketagihan deh! Sarapanmu pasti akan terasa enak! Ditambah dengan nasi hangat dan kerupuk. Mari kita simak cara membuat masakan ala rumahan semur telur puyuh yang nikmat ini.

Bahan Untuk Membuat Masakan Semur Telur Puyuh:

  • 25 butir telur puyuh matang dan dikupas
  • 1 batang daun bawang
  • Setengah buah tomat
  • Setengah bawang bombay

Bahan Bumbu Halus Yang Harus Disiapkan:

  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 3 buah kemiri
  • Setengah sendok teh lada bubuk
  • Pakai garam serta gula secukupnya

Bahan Bumbu Rempah:

  • 1 buah bunga lawang
  • 1 buah kapulaga
  • 2 buah cenkeh
  • 2 lembar daun salam

Siapkan Bahan Pelengkapnya:

  • 1 sendok makan kecap asin
  • 2 sendok makan kecap manis
  • Minyak Goreng

Berikut Cara Membuat Masakan Semur Telur Puyuh:

Pertama-tama, siapakan terlebih dahulu bahan serta bumbunya.

Lalu, tumis semua bumbu halus dengan bumbu rempa serta tambahkan bawang bombai, tumis hingga harum.

Setelah itu, tambahkan tomat dan daun bawangnya.

Kemudian, tambahkan air secukupnya ke masakan tadi, lalu tambahkan kecap asin dan kecap manis, setelah itu masukan telur puyuhnya lalu rebus dan aduk hingga merata.

Tunggu sampai airnya menyusut agar bumbu benar-benar meresap ke dalam masakan.

Setelah itu sajikan. Jika kamu suka dengan rasa pedas, kamu bisa tambahkan cabai sebagai penganti lada. Kalo kamu ingin menambahkan sayur bisa kamu tambahkan dengan kentang atau wortel.

Nah, itu dia resep masakan ala rumahan semur telur yang enak dan gurih yang dijamin kamu bakal ketagihan deh! Jadi kamu bisa makan dengan lauk yang baru serta mudah untuk membuatnya sendiri di rumah.

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar