Manfaat Dari Ikan Bandeng: Mengandung Banyak Protein

manfaat ikan bandeng untuk kesehatan tubuh

Ini beberapa manfaat dari ikan bandeng yang baik untuk kesehatan tubuh. Ikan bandeng merupakan sumber protein yang banyak digemari oleh banyak orang karena rasanya yang gurih dan menyehatkan.

Banyak orang suka dengan ikan bandengan karena rasanya yang gurih dan memiliki daging yang lembut. Ikan yang diternak di air tawar ini memiliki rasa yang enak selain itu juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Agar bisa mendapatkan manfaat dari ikan bandeng, kamu bisa memasaknya menjadi hidangan yang lezat loh! Makanan ikan bandeng ada banyak macamnya salah satunya bisa dipresto atau dibakar jadi makanan yang lezat.

Sebelum kamu memasaknya, alangkah baiknya untuk mengetahui apa saja kandungan khasiat yang ada di dalam ikan bandeng.

11 Manfaat Ikan Bandeng

Didalam ikan bandeng banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Dari 100 gram ikan bandeng banyak mengandung:

  • Protein: 20 gram
  • Lemak: 4.8 gram
  • Kalsium: 20 miligram
  • Fosfor: 150 gram
  • Zat besi: 2 miligram
  • Natrium: 67 miligram
  • Zinc: 0.9 miligram
  • Kalium: 271.1 miligram
  • Vitamin A: 45 mikrogram
  • Thiamin ( Vitamin B1 ): 0.05 miligram
  • Riboflavin ( Vitamin B2 ): 0.10 miligram
  • Niacin ( Vitamin B3 ): 6 miligram

Manfaat Dari Ikan Bandeng Yang Baik Untuk Kesehatan

Dari banyaknya kandungan diatas, bahwa ikan bandeng banyak memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan seperti:

1. Banyak Mengandung Antioksidan

Rusaknya sel tubuh yang bisa disebabkan banyak berbagai hal, bisa juga termasuk dari paparan radikal bebas yang berasal dari polusi udara atau juga dari asap rokok. Stres oksidatif yang diakibatkan dari molekul ini akan menyebabkan peradangan bagi sel tubuh.

Ikan bandeng ini memiliki antioksidan yang terkandung didalamnya, jadi bisa menjadi manfaat bagi tubuh sebagai penangkal radikal bebas loh!

2. Ikan Bandeng Baik Bagi Jantung

Ikan bandeng memiliki kandungan omega-3 jenis lemak baik yang mana ini salah satu manfaat yang baik untuk menurunkan resiko dari penyakit kardiovaskular, yaitu seperti sakit jantung.

Selain dari itu kandungan omega-3 juga dapat membantu mengendalikan tekanan darah, trigliserida, serta mencegah kolesterol.

3. Membantu Perkembangan Otak

Ikan bandeng memiliki kandungan omega-3 jenis lemak baik, selain bisa mencegah penyakit kardiovaskular, jenis lebak baik ini juga bagus untuk perkembangan otak pada anak .

Kandungan lemak baik omega-3 dengan ditambah antioksidan serta protein mampu memelihara fungsi otak kita, dan dapat meningkatkan daya ingat serta kosentrasi, serta mampu mencegah penyakit demensia yang terutama pada lansia.

4. Bisa Memperbaiki Kulit

Ikan bandeng juga memiliki kandungan yang baik untuk kulit yaitu kolagen peptida. Kolagen ini berguna untuk menjadi protein bagi kesehatan pada kulit kita.

Pada studi Journal of food science and technology meyebutkan bahwa, kolagen sebagai protein yang ada pada ikan bandeng memiliki kegunaan untuk menigkatkan hidrasi serta berguna untuk memperbaiki kulit wajah.

Baca juga: Manfaat ikan lele yang banyak mengandung gizi

5. Mampu Mencegah Penuaan

Antioksidan yang ada di dalam ikan bandeng juga bisa menjadikan wajah kamu menjadi awet muda loh! Siapa sih disini yang engga mau lebih awet muda?

Nah, antioksidan ini dapat mencegah stres oksidatif yang ada dikulit, maka dari itu ini sangat baik untuk mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.

6. Dapat Mencegah Anemia

Kalo sampai tubuh kekurangan Vitamin B, Zat besi, serta Folat maka akan mengakibatkan kekurangan sel yang berguna untuk produksi sel darah merah, dan akan mengakibatkan terjadinya anemia.

Ikan bandeng ini mengandung vitamin B, Zat besi, dan folat loh! Jadi sering-seringlah untuk mengonsumsi ikan bandeng agar terhindar dari kekurangan nutrisi sehingga tidak akan terjadi anemia.

7. Mampu Membantu Daya Tahan Tubuh

Tubuh sangat membutuhkan daya tahan tubuh, ini sangatlah penting untuk kita jaga, agar badan tidak cepat jatuh sakit.

Untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang baik salah satunya kamu bisa mengkonsumsi ikan bandeng karena mengandung Vitamin A, Zat besi serta Protein yang cukup untuk tubuh, kandungan baik ini berasal dari ikan bandeng.

8. Mampu Memelihara Kesehatan Mata

Ikan bandeng memiliki kandungan Vitamin A yang mana ini bagus untuk kesehatan mata, ini sudah jadi hal biasa yang sudah banyak diketahui banyak orang.

Dari kandungan Vitamin A ini mampu berguna untuk menjaga selaput konjungtiva serta kornea, maka dari itu ini sangatlah baik untuk ketajaman mata kita serta menjadikan mata tetap sehat.

Dari vitamin A yang ada pada ikan bandeng, mampu mengurangi resiko terkena rabun senja. Karena, manfaat vitamin A juga bisa menjaga fungsi dari permukaan okular serta mampu membentuk fotopigmen yang berada di sel batang retina yang mampu membuat mata bisa melihat dimalam hari.

9. Dapat Meningkatkan Kadar Kolesterol Yang Baik

Kandungan Vitamin B3 yang ada didalam ikan bandeng juga berfungsi sebagai meningkatkan kadar kolesterol yang baik bagi tubuh.

Jika meningkatnya kadar kolesterol yang baik maka bisa melawan kolesterol yang jahat dari tubuh, maka ini bisa menjadikan jantung kita menjadi lebih sehat.

10. Bisa Mengontrol Tekanan Darah

Selain dari mengurangi makanan yang banyak mengandung garam, kamu bisa menjaga tekanan darah kamu dengan banyak mengkonsumsi kalium agar tidak terjadi hipertensi yang tinggi.

Ikan bandeng mempunyai banyak nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh, terutama mengandung kalium yang berfungsi untuk menstabilkan kadar natrium yang dibutuhkan bagi tubuh loh!

11. Mampu Memperkuat Tulang Serta Gigi

Untuk mendapatkan tulang yang sehat dan kuat, kalsium adalah nutrisi yang tepat karena sudah umum di kalangan banyak orang. Biasanya kalsium berasal dari susu yang sudah sering dibicarakan banyak orang, namun kamu harus tahu bahwa ikan bandengan juga mempunyai kandungan kalsium.

Kasium serta fosfor yang ada di dalam ikan bandeng mampu menurunkan kadar resiko penyakin tulang yaitu seperti osteoporosis.

Nah, itu dia beberapa manfaat yang ada didalam ikan bandeng yang mana baik untuk kesehatan tubuh kita. Ikan bandeng bisa dimasak menjadi makanan yang gurih dan lezat sebagai hidangan makanan dirumah. Menjadi hidangan enak dan sehat bagi seluruh anggota keluarga.

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar