Tutorial Cara Membuat Masker Dengan Bahan Kain Perca

tutorial cara membuat masker sendiri dari kain perca

Disaat pandemi corona ini membuat masker semakin banyak dicari. Kamu bisa kok membuat masker sendiri dengan bahan kain perca yang mudah di praktekan, berikut tutorial cara membuatnya.

Pada saat pandemi virus corona sedang berlangsung dan entah kapan akan selesainya ini, kita diharapkan untuk selalu memakai masker agar tidak tertular oleh Covid-19 ini. Alhasil permintaan masker makin melonjak, sehingga berdatangan masker impor yang harganya murah.

Nah. Untuk kamu yang ingin membuat masker sendiri dan lebih efisien kamu bisa membuatnya sendiri dengan kain perca. Dengan cara yang mudah dan bisa kamu coba dirumah sendiri.

Masker ini selain murah, masker kain perca ini juga gampang serta ramah terhadap lingkungan karena masker kain parca ini bisa dicuci ulang dan dipakai lagi. Berikut Bzf Post telah merangkum tutorial cara membuat DIY masker dari kain perca.

Bahan-bahan Serta Peralata Untuk Membuat Masker Kain Perca

Sebelum memulainya alangkah baiknya untuk menyiapkan bahan dan peralatan untuk membuat masker kain perca ini, beberapa yang harus dipersiapkan seperti:

  • Alat-alat menjahit seperti Jarum, Benang, dan Gunting
  • Penggaris, kardus, pulpen, karet, dan kain katun
  • Pola berbentuk masker, untuk pola ini kamu bisa memakai masker yang ada dan menjiplaknya
  • Tali elastis untuk tali masker
  • Untuk warna kamu bisa memilih benang jahit sesuai selera kamu
  • Meteran kain atau penggaris

Jika semua alat sudah dikumpulkan, untuk itu kamu bisa memulainya untuk membuat masker kain perca ini. Nah, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu praktekkan.

Langkah-langkah Membuat Masker Kain Perca

Langkah-langkah Membuat Masker Kain Perca

1. Tahap Pertama

Sebelum memulai kamu harus menyediakan satu lembar kain katun yang berukuran yang sesuai. Kemudian potong kain yang disiapkan tadi dengan mengikuti pola cetakan yang sudah dijiplak tadi yang sudah di cetak di kardus, dengan memberikan ukuran lebih untuk setiap sisinya, untuk bagian bawah dan atas bisa kamu lebihkan sekitar 0.5 - 1 cm, kemudian lebihkan juga pada samping 1 cm. Ulangi sebanyak 2-4 kali.

Baca juga: Tutorial cara memakai hijab segi empat mudah dan kekinian

2. Tahap Kedua

Kemudian lanjutkan dengan menjahit pada bagian yang berbentuk “V” lalu satukan lembaran kain yang sudah dibentuk masker wajah tadi.

Jika semua sudah usai, sekarang kamu bisa menjahitnya pada sekeliling kain yang ditumpuk tadi menjadi satu. Jangan sampai kelewatan untuk menyisakan pada bagian samping agar tidak usah dijahit, kemudian masker yang sudah dijahit dibalik.

Lalu lipat lagi untuk bagian ujung tali dan dijahit. Kemudian masukan tali elastis yang sudah disiapkan tadi kedalam lipatan, kamu bisa menyesuaikan ukuran panjang tali sesuai dengan selera.

3. Tahap Ketiga

Jika semua sudah selesai, setelah itu sekarang kamu bisa memasukkan tali elastis dengan menggunakan peniti supaya tali bisa diikat dan bisa dipakai.

Kemudian lakukan pada bagian yang lain. Nah, sekarang sudah selesai dan siap dicuci dan dipakai.

Gimana? Mudah bukan cara membuat masker sendiri dari kain perca? Kalo kamu sedang libur atau punya waktu senggang kamu bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah, dengan bahan-bahan sederhana.

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar