Menata Keuangan Bisnis Agar Rapi Dengan Invoice

cara membuat invoice dengan mudah

Invoice adalah dokumen yang dijadikan sebagai pencatat transaksi, invoice juga disebut dengan faktur. Invoice berhubungan dengan keuangan yang memudahkan kita dalam perhitungan keuntungan dan kerugian suatu bisnis. Secara umum kegunaan invoice sebagai pencatat transaksi namun juga sebagai Pelacak penjualan sehingga kita akan mengetahui jejak penjualan dan pemasukan keuangan dengan mudah.

Invoice biasanya berbentuk dalam tiga rangkap yaitu terdiri dari  lembar pertama untuk pembeli, lembar kedua untuk laporan penjualan, dan lembar ketiga untuk laporan keuangan.

Lantas apa saja yang harus tertulis didalam Invoice? Lalu seperti apa invoice yang benar untuk pembayaran dan untuk penjualan yang benar? Mari kita simak artiket berikut agar lebih tau dan mudah dicontoh.

1. Membuat Invoice Dengan Ms. Excel

cara membuat invoice dengan ms. excel

Perhatikan bagaimana Anda akan membuat Invoice, apa akan menggunakan jumlah barang, berat, total, dan harga. Namun selain itu kamu juga harus memperhatikan beberapa hal beriku ini:

  • Tujuaan Penagihan ditujukan kepada seseorang misalnya saja Nama, Jabatan, dan Nama Perusahaan.
  • Mecantumkan Identitas Penagih Bisa dengan Nama kamu, Jabatan, Nama Bisnis Kamu, Atau bisa ditambahkan dengan Logo agar lebih bagus.
  • Pakailah Nomor untuk Invoice serta tanggal penerbitan, nomor transaksi, dan nomor lainnya jika kamu mau menambahkannya seperti nomor surat jalan, DLL.
  • Tambahkan Kolom dengan rincian Daftar item, jumlah, harga, deskripsi, dan keterangan.
  • Buat juga kolom pembayaran seperti Total Pembayaran, Dp ( Down Payment ), Sisa Pelunasan dan jika mau ditambahkan dengan PPN.

Membuat invoice dengan menggunakan Ms. Excellebih mudah karena terdapat fitur-fitur yang lengkap dan terdapat rumus hitungan dasar. Untuk membuat invoice juga tambahkan alamat lengkap bisnis dan Nomor Rekening kamu jika pembayaran menggunakan metode transfer.

2. Membuat Invoice Dengan Ms. Word

cara membuat invoice dengan Ms. Word

Selain menggunakan Ms. Excel untuk membuat Invoice kamu juga bisa menggunakan Ms. Word, lebih mudah dan praktis dan cocok untuk kamu yang suka hitungan manual. Ms. Word juga memberikan themplate yang bagus untuk invoice bisnis kamu.

Themplate invoice dari Ms. Word ini sangat mudah di edit kamu tinggal merubah tanggal dan menyesuaikannya, tanpa susah payah membuat tabel lagi dari awal. Tetapi untuk soal menghitung kamu harus memulai dengan manual.

3. Contoh Invoice Jasa Lengkap Dengan Dp ( Down Payment )

Contoh Invoice Jasa Lengkap Dengan Dp ( Down Payment )

Bisnis yang tidak menggunakan barang sebagai transaksinya disebut juga sebagai Nonbarang atau Jasa. Misalnya saja Jasa Pendidikan, Training, Konsultan, dan jasa lainnya.

Invoice jasa biasanya akan menggunakan kolom Dp ( Down Payment ) yang telah disepakai antara kedua pihak, tujuannya untuk tanda jadi diawal sebagai tanda mempererat kesepakatan setelah melakukan pesanan.

Setelah Dp kamu bisa tambahkan sisa pelunasan dan total pembayaran yang harus dibayar.

Sedang cari kursi tamu kayu jati? bayarnya bisa dirumah alias COD tanpa Dp! Kamu bisa cek kursi tamu kayu jati disini!: Kursi tamu Kayu Minimalis

4. Contoh Invoice Tagihan Untuk Pembeli

Contoh Invoice Tagihan Untuk Pembeli

Berbeda dengan invoice jasa, invoice tagihan ini bertujuan untuk penagihan atau pelunasan setelah barang dikirim kepenerima.

Beberapa bisnis ada juga yang menggunakan Dp di awal, namun untuk Invoice tagihan ini biasanya terdapat ongkos pengiriman. Invoice ini sangat mudah dibuat kamu bisa menirunya, loh!

5. Contoh Invoice Tagihan Kredit

Pada invoice ini dikhususkan untuk menagih atas jasa ataupun barang yang metode pembayarannya diangsur. Invoice ini umumnya digunakan untuk   transaksi dengan nilai besar seprti rumah, kendaraan, dan berbelanja barang elektronik.

Invoice kredit umumnya akan menerangkan apa-apa saja yang jadi pokok untuk dibayar dan berapa lama angsur dari kerdit tersebut sesuai kesepakan dari kedua pihak, biasanya akan ada kolom berapa kali cicilan harus dibayarkan.

6. Contoh Invoice Tempat Makan Atau Restoran

Selain jasa dan penjualan barang invoice juga bisa dibuat untuk restoran ataupun tempat makan sederhana, loh! Biasanya invoice tempat makan itu sederhana.

Kamu bisa mudah membuatnya, terdapat beberapa kolom seperti jumlah pembayaran, pajak PPN, diskon, dan lengkap dengan Nama pesanan. Jangan lupa untuk menambahkan alamat tempat makan kamu, ya!

7. Cara Membuat Invoice Secara Online Paling Gampang

Selain kamu membuat invoice secara manual dengan Ms. Word ataupun Ms. Excel, kamu bisa membuat invoice dengan cara Online yaitu, kamu cukup mengunjungi situs penyedia layanan pembuatan invoice online.

Biasanya setelah selesai hasilnya akan menjadi file ( .pdf ). Ada banyak penyedia layanan untuk membuat invoice secara online dan gratis, berikut beberapa website penyedia layanan membuat invoice online:

  • Invoice generator, kamu bisa sangat mudah untuk menggunakannya, namun kamu tidak bisa memilih themeplate
  • Zoho, kamu bisa membuat membuat invoice dengan berbagai themplate secara gratis
  • Kledo, kamu bisa membuat invoice dengan admin kamu, versi gratis hanya bisa satu admin
  • Paper, untuk membuat invoice disini kamu bisa ambil yang gratis atau yang berbayar.

Itulah beberapa contoh invoice yang bisa kamu contoh untuk bisnis kamu, semoga bermanfaat, ya!

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar