Setrika Anda Berkerak Dan Lengket? Simak Tips Berikut Ini Cara Mudah Membershikan Setrika

cara bersihkan setrika yang lengket dan gosong

Meyetrika adalah aktivitas yang rutin dilakukan hampi setiap orang, meyetrika merupakan bagian penting agar pakaian rapi dan wangi sehingga lebih mudah merapikannya kedalam lemari pakaian. Namun apa jadinya jika rutinitas tersebut terhalang dari adanya kotoran yang menempel pada setrika, bahkan sampai berkerak, lengket dan berdebu. Masih butuh pemakaiannya tapi serba salah karena adanya kotoran tersebut.

Nah! Berikut ini Bzf Post akan memberikan tips Cara Membersihkan Setrika dengan mudah memakai alat praktis yang ada di sekitar kita. Jangan asal membersihkannya, ya! Sebab akan berdampak pada pemakaian yang tak maksimal.

1. Bersihkan Setrika Dengan Garam

bersihkan setrika yang lengket dengan garam

Cara untuk membersihkan lengket dan gosong pada setrika adalah dengan menggunakan garam. Cara ini efektif untuk membersihkan gosong yang ada dibawah setrika, cara melakukannya juga mudah. Taburkan garam pada selembaran kertas, lalu nyalakan setrika hingga hangat kemudian gosokkan setrika keselembaran kertas tersebut, lakukan beberapa kali dengan mencabut colokan agar dingin strikanya, lalu ulangi colokan setrika dan biarkan hangat kembali. Setelah selesai dan setrika dingin, bersihkan garam yang ada di bawah setrika dengan kain besih halus dan lembab.

Dengan menggunakan garam, gosong yang ada di permukaan akan terkikis dan seketika bersih saat dilap. Karena garam akan mengangkat lengkat yang gosong pada setrika dengan mudah.

2. Cara Bersihkan Bekas Kain Dengan Lilin

cara membersihkan sestrika lengket dengan lilin

Jika setrika di setting kesuhu yang tinggi akan mengakibatkan pakaian terbakar, jika sampai terjadi maka bekas terbakar tadi akan menempel pada permukaan setrika, apalagi bahan kain ada sablonnya. Nah, Anda bisa bersihkan dengan mudah yaitu dengan memakai lilin.

Nyalakan lilin hingga hangat, lalu oleskan lilin pada permukaan yang lengket sampai rata tertutup, lalu cabtu listriknya biarkan dingin dan usaplah ke lembut.

Cara ini efektif untuk membersihkan noda bekas gosong dan lengket, atau digunakan untuk membersihkan plastik yang menempelpun juga bisa.

3. Bersihkan Lengket Dan Kerak Dengan Pasta Gigi

bersihkan kerak lengket pada setrika dengan pasta gigi

Kalo kualitas perlindungan setrika nya kurang baik maka akan cepat menempel dan lengket, biasanya kerap juga dialami setrika yang masih baru, loh!

Cara berikutnya untuk membersihkan lengket dan gosong pada setrika adalah dengan menggunakan pasta gigi. Selain itu Anda bisa juga menggunakan jeruk nipis, air cuka, dan cat kuku, Kita akan bahan menggunakan pasta gigi.

Cukup dengan oleskan pasta gigi di permukaan setrika yang lengket dan gosong, lalu gosok perlahan dengan gosokan gigi yang tak terpakai. Jika terasa sudah berkurang bersihkan noda dengan lap bersih dan lembut, lalu ulangi beberapa kali agar benar-benar bersih.

4. Pakai Daun Pisang Agar Lebih Maksimal Hasilnya

Pakai Daun Pisang Agar Lebih Maksimal Hasilnya

Pakailah daun pisang agar lebih maksimal untuk membersihkan kerak lengket dan gosong pada permukaan setrika.

Pertama adalah colokan listrik dan setting hingga hangat, lalu siapkan selembaran daun pisang yang masih segar, gosokkan setrika kedaun pisangsampai lengket hilang.

Kenapa daun pisang? Karena, daun pisang memiliki minyak alami yang berfungsi untuk menghilangkan kerak dan lengket sampai benar-benar besih. Ini adalah salah satu cara terbaik dan mudah selain menggunakan lap.

5. Besihkan Lengket Pada Setrika Dengan Soda Kue

Besihkan Lengket Pada Setrika Dengan Soda Kue

Dengan soda kue akan mudah juga sebagai alternatif untuk membersihkan lengket pada setrika, karena mudah di dapatkan dan mudah juga untuk membersihkan.

Caranya adalah setrika dalam keadaan tidak tercolok listrik, lalu campurkan soda kue dengan air kemudian aduk hingga kental, kemudian oleskan ke permukaan yang lengket dan gosok secara meyeluruh dengan gosokan gigi, jika Anda menggunakan Setrika Pilips ini adalah cara terbaik untuk kamu.

6. Jangan Bersihkan Setrika Dengan Benda Keras Dan Kasar

Setrika memiliki bagain Anti-lengket yang ada pada permukaan setrika, jika Anti-lengket itu rusak maka saat menyetrika akan lengket kepakaian. Jika hendak ingin membersihkan setrika yang sudah lengket jangan sekali-kali menggunakan benda kasar dan keras, itu akan membuat anti-lengket tersebut makin rusak dan tergores.

Lebih baik Anda mencegahnya sebelum terjadi kerusakan seperti lengket, berkerak, dan gosong. Dengan membersihkannya secara berkala Anda tidak akan khawatir lagi soal menyetrika lengket.

Berikut adalah tips dan trik yang Anda bisa praktikan langsung saat mengalami kejadian tersebut. Jika Anda sudah menyetrika simpanlah pakaian ke dalam lemari agar tetap rapi dan terjaga. Jika Anda sedang mencari lemari pakaian minimalis kayu jati, disini tempatnya: Lemari Pakaian Minimalis

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar