f Manfaat Dari Minum Jahe Untuk Kesehatan - BZF Post | Berbagi Tips, Inspirasi, dan Mengedukasi Untuk Sehari-hari

Manfaat Dari Minum Jahe Untuk Kesehatan

manfaat minuman jahe bagi kesehatan tubuh

Jahe adalah rempah-rempah yang banyak dijumpai di setiap pasar di sekitar kita, tak hanya menjadi bumbu masak saja, jahe juga memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Bukan hanya bisa menghangatkan badan, tetapi jahe juga bisa menjadi minuman sehat bagi tubuhmu.

Air minum jahe memang terkenal dikalangan masyarakat sebagai peningkat daya tubuh, apalagi disaat musim sedang hujan dan angin mulai seperti menusuk ke dalam badan. Maka minuman jahe ini adalah alternatif buat kamu guna menghangakan badan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Jahe sebagai tanaman ini bersifat Anti-inflamasi, dan berguna untuk antioksidan di dalam tubuh kita, sama seperti cabai, jahe dapat meredakan rasa nyeri dan sakit. Senyawa yang terdapat pada jahe dan bertanggung jawab dari berbagai khasiatnya disebut Gingerol. Senyawa ini akan bekerja sebagai agen anti-inflamasi yang kuat. Nah, ini lah Gingerol yang memiliki khasiat mampu meredakan nyeri dan sakit yang di rasakan oleh tubuh.

Lalu, apa lagi selain bisa meredakan nyeri bagi tubuh dari manfaat jahe tersebut? Nah, kali ini Bzf Post akan mengulas sebagai berikut.

1. Minum Air Jahe Mampu Meredakan Nyeri Haid

Pada tahun 2015 oleh Jurnal Medicine sebagai studinya mengatakan bahwa, mengkonsumsi minuman yang terbuat dari jahe murni akan mampu meredakan nyeri pada haid tersebut jika diminum beberapa hari saja.

Kontraksi pada organ dalam uterus yang memicu nyeri pada saat haid berlangsung, dengan minum air jahelah nyeri pada kontraksi uterus bisa diredakan, sehingga nyeri pada haid bisa di minimalisir.

2. Meminum Air Jahe Dapat Meningkatkan Produksi Asi

Pada tahun 2016 seorang peneliti dari Thailand mengatakan bahwa, jahe itu sebagai Galactagogue atau senyawa yang mampu merangsang produksi ASI yang alami sehingga potensial untuk dicoba. Pada penelitian terdiri dari 63 wanita, hanya 30 orang saja yang mengkonsumsi minuman jahe lebih banyak produksi ASI nya ketimbang kelompok yang diberi plasebo.

Maka dari itu, jahe adalah pilihan yang tepat untuk para ibu-ibu yang sedang menyusui untuk bisa terus memenuhi kebutuhan ASI sang buah hati. Tetapi tidak lepas dari itu para peneliti juga harus banyak untuk membuktikan dari manfaat itu.

3. Minum Jahe Dapat Meredakan Migrain

Terdapat kandungan gingerol dan shogaol pada jahe yang terbukti mampu meredakan nyeri dan radang. Zat yang terdapat pada jahe ini lah yang bermanfaat untuk meredakan sakit seperti gejala sakit kepala, pusing, migrain, dan nyeri.

Kandungan ekstrak pada jahe juga mampu memproduksi serotonim yang berguna untuk membantu otak dalam pencegahan serangan migrain, sama seperti obat migrain cara kerjanya.

4. Meminum Air Jahe Mampu Menurunkan Berat Badan

Ada sebuah studi yang mengatakan mengenai manfaat jahe ini teryata mampu untuk mengurangi berat badan. Minuman jahe akan berperan menekan nafsu makan Anda, sehingga Anda tidak mudah makan terlalu banyak.

Jahe ini memiliki banyak mekanisme sehingga banyak bula manfaat yang di dapatkan, diantaranya juga memiliki peran dalam meningkatkan jumlah kalori yang dibakar saat Anda beraktivitas dan mampu menekan radang dalam tubuhmu.

Baca juga: Cara Simple Menanam Jahe Dirumah

5. Meminum Air Jahe Mampu Merilekskan Otot

Pada sebuah studi pada tahun 2010 yang diterbitkan oleh The Journal of Pain menyebutkan bahwa, mengkonsumsi jahe mentah mampu meredakan nyeri otot yang ditimbulkan sehabis berolahraga, selain memakan mentah kamu juga bisa meminumnya sebagai minuman air jahe.

Nah, jika Anda sedang ingin berkativitas olahraga dengan intensitas yang berat ada baiknya untuk menyiapkan minuman jahe, untuk meredakan nyeri saat pasca-olahraga.

6. Minum Jahe Dapat Meredakan Gejala Radang Tenggorokan

Selain dari manfaat untuk meredakan nyeri, minuman jahe teryata juga mampu meredakan gejala radang pada tenggorokan. Tak lepas dari banyaknya manfaat meminum air jahe juga mampu memelihara daya tahan tubuh.

Biasanya jika radang tenggorokan terjadi akibat dari virus, yang mana ini bisa sembuh dalam sendirinya dengan daya tahan tubuh yang baik tentunya. Dalam sebuah studi mengatakan bahwa, meminum jahe dapat menstimulasi sistem daya tahan tubuh serta imun tubuh untuk membantu membunuh virus lebih cepat dan efektif.

7. Meminum Air Jahe Dapat Mengatasi Rasa Mual

Kandungan gingerol yang ada dalam jahe tersebut, dapat membantu pergerakan saluran pencernaan dan mampu mencegah dari spasme otot. Manfaat meminum jahe mampu untuk memperlancar saluran pencernaan dan mengurangi gejala mual dan muntah. Manfaat jahe ini bisa dirasakan untuk ibu hamil yang kerap mengalami gejala mual dan muntah.

8. Meminum Air Jahe Mampu Memelihara Fungsi Otak Dan Mencegah Alzheimer

Proses penuaan badan utamanya didorong oleh tekanan pikiran oksidatif serta proses radang kronis. Kedua perihal ini dipercaya selaku salah satu kunci faktor munculnya penyakit Alzheimer serta penyusutan guna otak bersamaan bertambahnya umur.

Suatu riset pada 2012 mengindikasikan, mengkonsumsi jahe setiap hari bisa tingkatkan waktu respons serta memori bekerja pada perempuan paruh baya. Isi antioksidan pada jahe pula dapat menolong memencet tekanan pikiran oksidatif serta proses radang di otak.

Kala jahe telah diolah ataupun dimasak, gingerol dalam jahe hendak berganti jadi zingerone. Senyawa tersebut senantiasa bisa meredakan peradangan serta perih badan, tetapi kemampuannya tidak sekuat dikala masih mentah( gingerol).

Jadi, kala Kamu mau menolong meredakan sakit perut, perih haid, ataupun sakit kerongkongan, hendak lebih baik apabila jahe disantap dikala masih fresh.

Khasiat minum air jahe untuk kesehatan memanglah susah buat ditolak. Jadi, saat sebelum Kamu komsumsi obat- obatan buat melenyapkan rasa sakit, cobalah buat menggunakan bahan herbal ini terlebih dulu.

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar