Makanan Khas Asli Betawi

1 komentar

Selain terkenal dengan rempah-rempahnya Indonesia juga terkenal dengan berbagai makanan khas dengan rasa yang unik dari setiap daerahnya. Salah satunya Jakarta, yang memiliki banyak makanan khas dan juga memiliki banyak makanan yang menjadi favorit.

Nah, kali ini Bzf Post akan menunjukkan beberapa makanan khas Jakarta yang populer dan menjadi favorit banyak orang.

1. Kerak Telor

makanan khas betawi jakarta Kerak telor

Makanan yang satu ini menjadi salah satu menu wajib yang harus kita coba, saat berkunjung ke Jakarta. Terbuat dari telur ayam atau bebek, beras ketan putih, sangrai bawang goreng, dan bumbu halus seperti kelapa sangrai.

Kita bisa menemukan Kerak telor di kawasan Kota Tua, saking populernya bahkan kita bisa menemukan menu ini di luar Jakarta, loh!

2. Soto Betawi

makanan khas betawi jakarta Soto Betawi

Makanan yang satu ini masih bisa dengan mudah kita temukan di wilayah Jakarta dan luar Jakarta. Selain itu soto yang memiliki ciri khas ada tambahan jeroan dan juga emping ini, untuk rasanya jangan ditanya, deh! Sudah pasti enak! Kamu bisa mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah.

3. Dodol Betawi

makanan khas betawi jakarta Dodol Betawi

Dodol betawi merupakan dodol asli buatan masyarakat suku betawi, berbeda dengan dodol dari daerah lainnya, dodol khas Betawi ini warnanya hitam kecoklatan dengan variasi rasa yang lebih sedikit hanya terdiri dan putih ketan hitam dan durian.

4. Asinan Betawi

makanan khas betawi jakarta Asinan Betawi

Siapa yang suka makan asinan? Nah, jakarta juga punya menu asinan khas Betawi, loh! Asinan betawi ini terdiri dari kol sawi, selada, dan toge. Yang diasinkan, lalu disajikan dengan bumbu kacang cuka dan cabai.

5. Laksa Betawi

makanan khas betawi jakarta Laksa Betawi

Laksa betawi menjadi salah satu makanan khas Betawi yang dipengaruhi kuliner Melayu. Hampir mirip dengan laksa Bogor, laksa Betawi ini juga memakai udang rebon, lalu diberi sedikit dengan kuah rempah yang kental.

6. Kue Geplak

makanan khas betawi jakarta Kue Geplak

Kue khas Betawi yang satu ini terbuat dari beras perak yang digiling hingga menjadi tepung yang disangrai, lalu tepung ini dicampur dengan kelapa yang disangrai, dan gula pasir cair sampai padat. Makanan ini biasanya berbentuk balok dan bisa kita temukan di toko oleh-oleh atau pasar tradisional.

7. Putu Mayang

makanan khas betawi jakarta Putu Mayang

Ini menjadi salah satu makanan khas Betawi yang sangat populer, makanan ini terbuat dari tepung kanji atau tepung beras yang dibentuk seperti warna-warni. Putu mayang biasanya disajikan dengan santan, kelapa, dan gula jawa cair kita masih bisa temukan kue ini di pasar atau festival kuliner Jakarta.

8. Selendang Mayang

makanan khas betawi jakarta Selendang Mayang

Selendang Mayang merupakan salah satu jajanan khas Betawi yang sekarang sudah cukup sulit kita temukan. Es yang terbuat dari tepung beras dan tepung hunkwe ini cocok diminum saat cuaca panas karena rasanya yang gurih dari santan dan es serut.

9. Es Goyang

makanan khas betawi jakarta Es Goyang

Sesuai dengan namanya, es goyang yang dibuat dengan cara menggoyangkan gerobak supaya adonan es membeku dengan rata. Es goyang khas Jakarta terbuat dari santan, kelapa, gula pasir, perasa, dan tepung hunkwe. Es ini tersedia dalam berbagai varian rasa, mulai dari alpukat, durian, coklat, dan masih banyak lagi.

Terimakasih atas kunjugannya, semoga bermanfaat 🙏

1 komentar

  1. Hemm jadi pengen makan es slendang mayangnya, emang agak susah sekarang sih nyarinya.

    BalasHapus

Posting Komentar